Museum Timah Lingga Akan Segera Dibuka, Ini Lokasinya

Bangunan Pagoda Dabo Singkep yang akan ditempatkan sebagai Museum Timah Lingga. (foto: aci)

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Bupati Lingga, Alias Wello akan segera meresmikan secara museum timah dan dibuka untuk umum, pada Kamis, 23 Mei 2019 di Dabo Singkep.

Museum Timah merupakan museum kedua di Lingga setelah museum sejarah Linggam Cahaya di Daik Lingga.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga, Muhammad Ishak mengatakan, segala persiapan peresmian museum timah Singkep sedang dilakukan terus menerus.

“Dalam beberapa hari kedepan akan dilaksanakan peresmian dan pembukaan Moseum Timah di Dabo Singkep, yang direncanakan pada tanggal 23 Mei 2019 ini berjalan lancar,” katanya kepada Pijarkepri.com

Pemerintah Lingga menggunakan salah satu bangunan Pagoda Dabo Singkep sebagai tempat sementara Museum Timah Singkep. Pemakaian bangunan itu sudah dikoordinasikan terlebih dahuli dengan Camat Singkep untuk status pemakaiannya.

Selain itu, museum timah tersebut akan diamankan Satpol PP Lingha selama 24 jam, petugas akan berjaga di Pos penjagaan sementara.

“Alhmdulilah, semuanya memberikan dukungan dan kerjasama yang maksimal,” terangnya.

Untuk koleksi Moseum, Ishak menerangkan, akan dipajangkan benda-benda terkait dengan Ex Unit Penambangan Timah Single (UPTS), yang umumnya berupa benda hibah dari Ex karyawan UPTS, para pejabat dan masyarakat, termasuk beberapa manuskrif yang terkait dengan penambangan timah di Pulau Singkep masa lalu.

Ishak mengatakan, peresmian museum timah tersebut sengaja mengambil momen pada bulan ramadhan, menurutnya hal itu agar mendapat keberkahan atas segala yang dikerjakan, dan berharap agar Museum Timah ini dapat berkembang pesat di masa-masa mendatang, termasuk perlunya pembangunan gedung museum Timah yang refresentatif, sebagaimana standar dan layaknya sebuah museum.

“Biasanya pada moment hari raya Idul Fitri, banyak keluarga dan sahabat kita yang balek kampung, diantara mereka sangat diyakini, pasti akan ada yang memberikan perhatian untuk perkembangan dan kemajuan Museum Timah ini,” tutupnya. (ACI)

Editor : Aji

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *