Ini Alasan Alias Wello Daftar Calon DPD RI

Alias Wello mendaftarkan saat menyerahkan berkas persyaratan administrasi dan dukungan pencalonan maju sebagai calon DPD RI perwakilan Kepri ke kantor KPU Kepri, Kamis (26/4). (Foto: istimewa)

Alias Wello mendaftarkan saat menyerahkan berkas persyaratan administrasi dan dukungan pencalonan maju sebagai calon DPD RI perwakilan Kepri ke kantor KPU Kepri, Kamis (26/4). (Foto: istimewa)

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Ada alasan tersendiri yang diutarakan Bupati Kabupaten Lingga Alias Wello hingga akhirnya memilih maju sebagai Dewan Perwakilan Daerah (DPD) perwakilan Provinsi Kepulaun Riau pada Pemilihan Umum (Pemilu) Anggota DPD, DPR, DPRD 2019 mendatang.

Pria yang akrab dipanggil Awe ini menyerahkan berkas administrasi pendaftaran pencalonanya dan tanda dukungan maju sebagai calon DPD RI ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri, Kamis (26/4/2018).

Awe menyatakan siap meninggalkan jabatannya sebagai Bupati Lingga dan  melangkah sebagai perwakilan masyarakat Kepulauan Riau, DPD RI.

Awe menyatakan persyaratan dukungannya untuk maju sebagai calon DPD RI sudah terkumpul dari tujuh kabupaten dan kota di Kepri dan diterima baik oleh pihak KPU Kepri. Jika sudah diterima KPU, dia yakin bisa bekerja dengan baik.

Menurutnya, membangun Kabupaten Lingga sudah menjadi suatu cerminan untuk mampu berkerja demi negara, daerah dan masyarakat.

“Jadi dukungan sudah tersebar di kabupaten kota. kita punya hak untuk itu semua,” kata mantan Ketua DPRD Kabupaten Lingga periode 2004-2009 ini.

Awe mengutarakan, selama membangun Kabupaten Lingga, dirinya sudah giat berjuang untuk maju menuju ke DPD RI.

Ia mengungkapkan, komitmennya maju ke DPD RI sebagai perwakilan masyarakat Kepulauan Riau, adalah upaya untuk berkerja memajukan Kabupaten Lingga lebih luas lagi, mencangkup Kepri dan Indonesia.

Menjabat sebagai wakil rakyat di DPD RI menurutnya punya peran besar disamping menjadi DPR RI.

Awe menjelaskan, setelah mendaftar ke KPU, dia masih menunggu keputusan Kementerian Dalam Negeri terkait pengunduran dirinya sebagai Bupati Kabupaten Lingga.

Keyakinannya untuk maju ke DPD RI sudah tertanam pada wakilnya Muhammad Nizar, untuk melanjutkan estafet kepemimpinan Kabupaten Lingga pada tahun-tahun berikutnya.

“Kita ajukan pengunduran diri. Persyaratan sudah harus ada sebelum tanggal 20 September 2018 ini,” terangnya.

Ia mengatakan, Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan partai Nasdem masih ingin dia bertahan sebagai Bupati Lingga. Namun, dia berkomitmen dari pondasi pembangunan yang telah dirintis, tonggak kepemimpinan tetap dimandatkan pada wakilnya.

Selain itu, dari sudut pandangnya Kabupaten Lingga cukup tertinggal, salah satunya dalam pembagian pengalokasian anggaran dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

Menurut Awe, karena dirinya sudah terlanjur memilika jaringan dan relasi di pemerintah pusat, komitmennya nanti ingin berkerja lebih luas untuk masyarakat Kepulauan Riau

“Kalau kita lihat APBD selama ini, porsi untuk Lingga itu sangat kecil sekali. Jadi kalau saya sudah bicara keras itu memang harus terealisasi. Jadi kita lebih sering jemput di pusat,” tutupnya.

Rekam jejak organisasi Alias Wello :

– Direktur PT. Maju Bersama Jaya (2001–2005)

– Direktur PT. Bentara Tour & Travel  (2002–2005)

– Ketua DPRD Kab.Lingga (2004–2009)

– Pendiri Harian Koran Peduli (2009-sekarang)

– Direktur PT. Fajar Mentaya Abadi (2010–sekarang)

– Direktur PT. Aries Iron Mining (2011–sekarang)

– Chairman CAMALAY  FOODSCo.Ltd Cambodia Autorized Representatif  Indonesia (2012–sekarang)

– Bupati Lingga (2016-sekarang)

Riwayat Organisasi

– Ketua Senat Mahasiswa FISIPOL UP 45 Jakarta (1985–1987)

– Ketua Ikatan Pelajar Riau Jogja  (1986–1988)

– Ketua Kompartemen Industri BPC HIPMI Kota Tanjungpinang.

– Ketua BPC GAPENSI Kota Tanjungpinang (2001–2002)

– Ketua DPC Pemuda Pancasila Kabupaten Lingga (1999–2003)

– Wakil Ketua DPD KNPI Kota Tanjungpinang (1999–2001)

– Wakil Ketua PD Muhammadiyah Kab.Lingga (2012–sekarang)

– Ketua Yayasan Kemajuan Melayu Riau (1997–sekarang)

– Anggota Komite Pemekaran Prop. Kepulauan Riau (2000)

– Ketua DPC Partai Patriot Kab. Lingga (2003–2008)

(ACI/R)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *