Bupati Lingga Gelar Konferensi Pers Antisipasi Penularan Virus COVID-19

Konfrensi Pers Bupati Lingga bersama awak media Cetak/Online.

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Bupati Lingga mengelar konferensi pers dengan sejumlah awak media untuk mengantisipasi penularan virus corona dan meminta warga menjaga kesehatan, saat ini Pemkab Lingga sudah menyiagakan fasilitas kesehatan, guna mengantisipasi penularan virus COVID-19.

“Memang penyiapan tenaga atau SDM saat ini kita miliki masih kurang, dan peralatan medis yang kita miliki untuk menghadapai penularan virus ini cukup minim, namun kita tetap berusaha oktimal untuk memberikan pelayanan pada masyarakat terutama dalam upaya percepatan penangganan Covid-19,” kata orang nomor satu di Kabupaten Lingga ini saat mengelar konferensi pers dengan awak media, di Gedung Daerah, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Selasa (24/3/2020) pagi.

Penyebaran virus ini begitu cepat, lanjut yang akrab disapa AWe ini, dan daya tular yang begitu cepat, tadi malam Pemda bersama Unsur Pimpinan Daerah sudah melaksanakan rapat, memetakan kondisi di Lingga, dengan harapan masyarakat kita menyikapi dengan memprotect diri, menjaga lingkungan dan mengurangi kegiatan-kegiatan yang bersifat kumpul-kumpul, menjauhkan dari komunitas-komunitas yang tidak begitu penting, (social distancing).

“Pemda Lingga selalu terbuka dalam penyampaian Informasi dan tidak ada yang ditutup-tutupi, dari hasil rapat tadi malam ada beberapa hal yang dipetakan yakni kondisi yang ada saat ini keterbatasan SDM, dukungan peralatan medis yang sangat terbatas, biaya operasional menangani musibah ini begitu kecil,” terangnya.

AWe menjelaskan, didalam pembahasan APBD tidak ada alokasi untuk wabah seperti ini, walaupun dana untuk Dinkes sudah dinaikan Pemda diatas yang ditetapkan oleh pemerintah, namun dengan kondisi yang sekarang kurang memadai dengan adanya wabah ini, memang ada regulasi untuk penyesuaian anggaran yang di prioritaskan melalui dana DID dan alokasi lainnya.

Kata AWe lagi, dalam hal antisipasi Musibah yang tidak tertangani, Pemda sudah mempersiapkan untuk pengadaan satu speed Kusus yang perlu rujukan cepat keluar daerah, Pihak kesehatan sudah saya instruksikan untuk membuat proposal anggaran yang bisa mengcover wabah ini lebih luas.

“Dari berbagai rilis dan pemberitaan yang ada, kondisi wabah di Kepri artinya di 7 Kabupaten/Kota, Alhamdulilah Lingga masih nihil, Baik itu, ODP maupun PDP, namun hal ini jangan sampai membuat kita berlengah-lengah,” papar AWe.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kabupaten Lingga, Syamsudi menyampaikan, menindak lanjuti rapat tadi malam, dalam rangka memerangi Copid 19 ini, Pemda Lingga melalui Dinkes telah melakukan upaya-upaya sosialisasi, edukasi, tentang bagaimana proses penyebaran Virus ini dan bahayanya, walaupun standar Alkes dan APD minim sekali di lingga ini, namun dengan segala sumber daya yang ada, Pemda melalui Dinkes dan Instansi terkait telah melakukan upaya pencegahan yaitu, melalui deteksi suhu tubuh penumpang di Pelabuhan domestik.

“Untuk itu kami mohon, melalui dokter Indra selaku ketua IDI Kabupaten Lingga, kiranya bersediaan untuk memberikan edukasi dan segala hal agar masyarakat lebih paham, lebih tahu dan waspada, karena upaya penanganan tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri harus didukung segala elemen dan lapisan masyarakat, tolong hal ini nanti dapat disampaikan agar masyarakat tahu dan mempersiapkan diri, sehingga masyarakat dapat mengamankan diri sendiri sebelum diamankan yang berwenang,” imbuhnya.

Kegiatan konferensi pers dengan awak media ini, selain Bupati Lingga, Alias Wello, juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Lingga, Ahmad Nashirudin, Plt Kadinkes Kabupaten Lingga, Syamsudi, Dirut RSUD Dabo Singkep, Dr. Tuarantayo Bukit Gultom, Ketua IDI Kabupaten Lingga, Dr. Indra, Kasubag Humas Pemkab Lingga, Fikrizal, Ketua PWI Lingga, Jhony Prasetya, Rekan-Rekan Media Cetak/Online dan Humas dan Protokol Pemkab Lingga. (Aci)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *