Puskesmas Dabo Lama Temukan Banyak Masalah Kesehatan Masyarakat Sungai Lumpur

Puskesmas Dabo Lama Dorong Masyarakat Sungai Lumpur Hidup Sehat Melalui MMD

MMD Puskesmas Dabo Lama di Kelurahan Sungai Lumpur. (Foto; aci)

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Dabo Lama, Kecamatan Singkep mendorong masyarakat Kelurahan Sungai Lumpur, Kecamatan Singkep Kabupaten Lingga.

Kepala Seksi Kesos Kelurahan Sungai Lumpur, Dina Roslinawati, di Lingga, Jum’at (1/11/2019) mengatakan, dorongan hidup sehat itu diwacanakan Puskesmas Dabo Lama dalam program menanggulangi masalah kesehatan melalui pelaksanaan Desa Siaga dan Pokesdes.

Program tersebut disampaikan dalam Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang diselenggarakan Puskesmas Dabo Lama, di Kelurahan Sungai Lumpur, Kecamatan Singkep, Lingga.

Mewakili Lurah Sungai Lumpur, Dina mengatakan, kegiatan MMD diharapkan dapat bermanfaat untuk semua, terutama masyarakat Sungai Lumpur.

Sebagai kelanjutan yang sebelumnya telah dilakukan beberapa waktu yang lalu, dilaksanakannya MMD juga untuk mengetahui survey mengenai permasalahan kesehatan apa saja yang tertinggi atau terbanyak di Kelurahan Sungai Lumpur.

“Setelah dilakukan survey baru di ketahui apa saja terbanyak dan tertinggi di Kelurahan Sungai Lumpur,” kata Dina saat membuka MMD di Kantor Lurah Sungai Lumpur.

Berdasarkan pendataan kesehatan 450 Kepala Keluarga (KK) di Kelurahan Sungai Lumpur. Ditemukan 8 masalah kesehatan terbanyak.

Diantaranya, terdapat 286 KK dari 450 KK tidak memiliki tempat sampah tertutup, 63,55 persen, 262 KK tidak memiliki Tanaman Obat Keluarga (TOGA) 58,22 persen.

Puskesmas Dabo Lama juga menemukan 242 KK merokok dalam rumah, 53,77 persen, 189 KK tidak ber KB, 42 persen, 87 KK menderita hipertensi, 19,399 persen, 79 KK tidak memiliki JKN, 17,55 persen, 64 KK menderita ISPA, 14,22 persen dan 8 KK tidak memiliki jamban 1,77 persen.

Data permasalahan kesehatan di Sungai Lumpur tersebut disampaikan Puskesmas Dabo Lama melalui MMD, agar masyarakat setempat dapat mengetahui masalah kesehatan di daerahnya.

Masyarakat Sungai Lumpur bersepakat untuk menanggulangi masalah kesehatan melalui pelaksanaan desa siaga dan Pokesdes.

“Masyarakat menyusun rencana kerja untuk menanggulangi masalah kesehatan di daerahnya masing-masing,” kata Staff Puskesmas Dabo Lama, Henni.

Dalam MMD Kelurahan tersebut, merupakan pertemuan perwakilan warga desa berserta tokoh masyarakat, serta para petugas untuk membahas dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang sebelumnya sudah di survey.

Kegiatan MMD itu menghadirikan 4 orang staf Puskesmas Dabo Lama, Henni, Deti, Inggih dan Darmayanti yang merupakan Perawat dan Bidan di daerah tersebut. Hadir juga pengurus PKK, RT, RW, LAM dan Tokoh Masyarakat Kelurahan Sungai Lumpur.

Pewarta : Puspandito/Aci
Editor : Aji Anugraha

 

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top