Pelabuhan Dabo Dilanggar Kapal Tug Rusak, UPP Gelar Konfrensi Pers

Tug Boat yang masuk kebawah pelabuhan Dabo.

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Unit Pelayanan Pelabuhan (UPP) Kelas II Dabo, gelar konferensi perss, terkait Pelabuhan Dabo yang rusak karena dilanggar Kapal Tug Boat Sea Carrieri, yang telah satu tahun sandar di Pelabuhan tersebut.

Kepala UPP Kelas II Dabo, Syahrul Wardi mengatakan, kapal Tug Boat itu, sandar sejak 16 Juli 2018 lalu, kapal Tug Boat yang agennya PT. Bahtera Bestari Shipping (BBS), jika untuk perhitungan izin tambat sandar, berlaku per 15 hari dan ditagih saat kapal bertolak atau akan berlayar dari pelabuhan.

“Saat ini biaya yang harus di bayar pihak owner sebesar Rp13 juta lebih, dan masalah biaya ini juga, sudah kita sampaikan ke pemilik melalui agennya,” kata Syahrul Wardi kepada media saat menggelar konferensi pers, diruang pertemuan Kantor UPP Dabo Singkep, Rabu (14/8/2019) sore.

Syahrul melanjutkan, untuk langkah tanggap masalah ini, saya akan segera melapor ke kantor pusat melalui Dirjen dan dengan mengajukan permintaan ke pusat untuk secepatnya mendatangkan tim menghitung berapa kerugian matrial dan biaya lainnya, setelah semuanya jelas baru kita bisa mengambil tindakan klaim terhadap perusahaan/owner.

“Terkait kerusakan pelabuhan, tetap menjadi tanggung jawab pemilik Tug Boat, saat ini kita fokus pada dermaga, supaya tidak rusak parah yang berada di bawah naungan kami, selaku UPP Dabo Singkep,” tutupnya.

Beberapa waktu lalu, masyarakat Dabo Singkep dihebohkan dengan sebuah kapal Tug Boat yang sudah satu tahun sandar di Pelabuhan Dabo tersebut pada, Senin (12/8/2019) malam, masuk kebawah pelabuhan, yang membuat kerusakan dengan beberapa tiang penyangga pelabuhan yang patah karena disenggol Tug Boat, saat ini di pintu masuk pelabuhan telah di pasang Police Line.

Kapal Tug Boat Sea Carrieri saat ini telah di pindahkan ketempat yang aman, seperti diketahui saat ini lagi musim angin Selatan, yang mana pada musim angin Selatan di Pelabuhan Dabo, angin cukup kencang dan gelombang pun cukup besar. (ACI)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top