Dispora Gelar Uji Publik Draf Ranperda Pembangunan Kepemudaan

Kepala Dispora Tanjungpinang, Agustiawarman saat membuka Uji publik Perda Pembangunan Kepemudaan Kota Tanjungpinang, Kamis (19/11/2020).
Kepala Dispora Tanjungpinang, Agustiawarman saat membuka Uji publik Perda Pembangunan Kepemudaan Kota Tanjungpinang, Kamis (19/11/2020).

PIJARKEPRI.COM – Dinas Kepemudaan dan Olahraga Tanjungpinang menggelar uji publik naskah akademik Rancangan Peraturan Daerah (Perda) Pembangunan Kepemudaan, di Sampoerna Hotel, Tanjungpinang, Kamis (19/11/2020).

Dibuka Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Tanjungpinang, Agustiawarman, uji draf akademik Ranperda Pembangunan Kepemudaan tersebut dihadiri 16 perwakilan Organisasi Kepemudaan di kota itu.l bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Tanjungpinang.

Dalam uji publik Perda Pembangunan Kepemudaan Tanjungpinang tersebut, Dispora Tanjungpinang menyertakan Biro Hukum Pemprov Kepri Wijayanto, Dekan FISIP UMRAH Oksep Adhayanto, Pendamping Produk Hukum Kabag Hukum Pemko, Dosen Stisipol Raja Haji, Syahril, Dosen Ilmu Hukum FISIP UMRAH Pery Rehandra Sucipta.

Kepala Dispora Tanjungpinang Agustiawarman, mengatakan perjuangan Perda Pembangunan Kepemudaan tersebut adalah perjuangan bersama antara pemuda/i di Tanjungpinang dan Dispora.

Ia mengatakan Perda Pembangunan Kepemudaan Tanjungpinang tersebut menempatkan peran serta pemerintah daerah membantu terselenggaranya pembangunan pemuda/i di Kota Tanjungpinang yang dikemas dalam koordinasi program kepemudaan lintas sektor.

Di dalam uji publik Perda Pembangunan Kepemudaan tersebut, disebutkan perlunya koordinasi lintas sektor, yakni melibatkan OPD yang secara teknis bersinggungan terhadap program-program kepemudaan seperti, Dinas Pariwisata, Disdik, Kesbang.

“Maka perlu dilakukan usaha bersama sehingga memang urusan Kepemudaan ini mungkin lining sektornya pemuda di Dispora, tapi pekerjaannya semua, 11 OPD di Tanjungpinang, yang disebutkan tersebut kedepan yang terlibat kerjasama untuk urusan kepemudaan,” ujarnya.

Agustiawarman mengatakan, dengan rampungnya Perda Pembangunan Kepemudaan Kota Tanjungpinang tersebut merupakan hadiah untuk seluruh pihak, terkhusus pemuda/i di Tanjungpinang di 2021.

“Dan ini juga menjawab kesiapan pemerintah Kota Tanjungpinang dalam mengahadapi bonus demografi 2021 pada urusan Kepemudaan,” ungkapnya.

Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Tanjungpinang, Syavran S.A menjelaskan, persiapan Perda Pembangunan Kepemudaan Tanjungpinang tersebut telah mencapai pada pelaksanaan uji publik.

Ia mengatakan, dari hasil uji publik tersebut, terdapat masukan untuk perbaikan draf naskah akademik Perda Pembangunan Kepemudaan Tanjungpinang. Sejumlah masukan tersebut mengarah pada program pembangunan kepemudaan.

“Beberapa catatan dan masukan dari hasil uji publik tersebut yakni, jaminan penyediaan fasilitas sapras terhadap Kepemudaan teramasuk kaitannya terhadap penyediaan anggaran kepemudaan,” ujarnya.

Setelah memperbaiki hasil uji publik Perda Pembangunan Kepemudaan tersebut, Dispora Tanjungpinang akan menyerahkan kepada Walikota Tanjungpinang untuk disampaikan dalam Paripurna di DPRD Kota Tanjungpinang.

“Dewan kemudian membentuk pansus, hasil dari pansus dewan itu sebulan dua bulan, kita berhap pansus di DPRD itu tak lama, kita berharap ini menjadi hadiah untuk pemuda di 28 Oktober 2021. Kemudian ini diserahkan ke Provinsi ke Biro Hukum Provinsi dan ke kita,” pungkasnya. (JPK)

Editor : Aji Anugraha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *