Lingga  

Kapal Bermuatan Barang Kelontong Tenggelam di Selat Pintu

ABK KM Sri Rezeki yang dibawa ke Posal Cempa. (foto Posal Cempa).
ABK KM Sri Rezeki yang dibawa ke Posal Cempa. (foto Posal Cempa).

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Kapal Motor (KM) Sri Rejeki bermuatan barang kelontong tenggelam di Selat Pintu, sekitar pukul 01.00 Wib, dinihari, Kamis (22/10/2020).

Komandan Lanal Dabo Singkep, Letkol Laut (P) Zul Fahmi, S.E., M.Tr.Hanla., M.M menyampaikan, KM Sri Rezeki, milik Juni Arpandi warga Desa Marok Tua, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga, diketahui tenggelam akibat cuaca buruk.

Kapal tersebut bernahkodakan Mahadi serta 4 orang Anak Buah Kapal (ABK), dan 2 orang penumpang bermuatan barang kelontong. Nahkoda dan ABK dalam keadaan selamat.

“KM Sri Rezeki yang bermuatan barang kelontong, pada Rabu 21 Oktober 2020, berangkat dari Pelabuhan KUD Tanjungpinang dengan tujuan Dabo Singkep,” kata Danlanal Dabo Singkep, melalui WhatsApp yang diterima media, Kamis (22/10/2020).

Letkol Laut (P) Zul Fahmi, S.E., M.Tr.Hanla menjelaskan tenggelamnya kapal tersebut saat kapal sedang berlayar di sekitar Selat Pintu cuaca buruk dan angin kencang, yang mengakibatkan kapal menjadi miring dan tenggelam, sementara ABK menyelamatkan diri menggunakan pelampung (swim vest) dan jurigen.

Dilanjutkan, pada pukul 03.30 Wib, ABK KM. Sri Rejeki melihat Tug Bout (TB) melintas, selanjutnya memberi kode dengan menggunakan senter, dan ABK diselamatkan oleh Tug boat, Selatan Jaya IV, pada pukul 04.00 Wib.

Dikatakan, Posal Cempa yang mendapatkan informasi Laka laut, pada pukul 04.15, Patkamla Cempa lansung meluncur menuju lokasi, pada pukul 04.50 Wib, Patkamla Cempa tiba dilokasi dan mendapatkan TB. Selatan Jaya IV, yang membawa 7 ABK KM. Sri Rejeki, selanjutnya seluruh ABK KM. Sri Rejeki dibawa Patkamla Cempa menuju Posal Cempa.

“KM. Sri Rejeki tenggelam beserta muatan antara lain, mesin cuci, spandek, paku, oli, roling door dan barang rumah tangga, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, dan saat ini seluruh ABK KM. Sri Rejeki berada di Posal Cempa,” tutup Danlanal Dabo Singkep. (Rls/Aci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *