Lingga  

Masjid Al-Huda Sembelih 8 Ekor Hewan Kurban

Panitia kurban Masjid Al-Huda, Singkep sedang membersihkan daging hewan kurban.
Panitia kurban Masjid Al-Huda, Singkep sedang membersihkan daging hewan kurban.

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Masjid Al-Huda Kelurahan Sungai Lumpur, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga hari ini menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban, memasuki hari kedua Idul Adha 1441 Hijriyah, Sabtu (1/8/2020) pagi.

Sebanyak 8 ekor hewan kurban yakni, 5 ekor sapi dan 3 ekor kambing.

Bahtiar, Ketua Panitia Kurban Masjid Al-Huda, saat ditemui Pijarkepri.com disela-sela kegiatan penyembeligan hewan kurban, mengatakan adapun jumlah hewan kurban di Masjid Al-Huda tahun ini dari keluarga pribadi dan sistem arisan.

“Dua ekor Sapi merupakan dari 2 keluarga secara pribadi, 3 ekor Sapi lagi dengan sistem Arisan, sementara 3 ekor Kambing tersebut dari 3 keluarga secara pribadi,” kata Baktiar.

Baktiar menjelaskan, untuk hewan kurban dengan sistem arisan ini, satu kelompok arisan terdiri dari 7 orang dengan nilai setoran sebesar Rp2,2 juta per orang nya.

Sedangkan untuk jumlah hewan kurban dengan sistem arisan di tahun 2020 ini, mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya 1-2 ekor Sapi, dan jumlah Rp2,2 juta tersebut, sudah terhitung semua nya, seperti biaya potong, kosumsi, membeli kantong, sewa tenda dan lainnya.

Baktiar melanjutkan, kalau untuk hewan kurban secara pribadi, tahun ini mengalami penurunan dari tahun-tahun sebelumnya, yang biasa berjumlah 3 ekor hewan kurban tahun ini hanya 2 ekor.

Namun, masyarakat setempat bersyukur masih ada yang ber kurban secara pribadi di Masjid Al-Huda pada Idul Adha 1441 Hijriah.

Panitia kurban Masjid Al-Huda membagikan daging kurban menggunakan kupon. Sebanyak 200 kupon disebarluaskan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, untuk hewan kurban dengan sistem arisan ini, mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelum, kami dari panitia kurban Masjid Al-Huda berharap, masyarakat tetap memberikan kepercayaan terhadap panitia kurban Masjid Al-Huda, sehingga hewan kurban melalui sistem arisan terus mengalami peningkatan, karena kepercayaan masyarakat merupakan hal yang utama,” tutupnya. (Aci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *