Museum Linggam Cahaya Akan Menggelar Berbagai Lomba dan Edukasi

Kegiatan Museum Linggam Cahaya

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Sempena memperingati hari Museum, Dinas Kebudayaan Lingga akan mengadakan berbagai kegiatan edukasi dan berbagai lomba di bidang budaya, di Museum Linggam Cahaya, di Daik Lingga, Kepulauan Riau.

Kepala Dinas Kebudayaan Lingga, Muhammad Ishak, di Lingga, Sabtu (12/10) mengatakan, kegiatan tersebut disejalankan dengan sempena peringatan hari Museum Kabupaten Lingga, dengan sasaran peserta lomba tidak saja hanya para pelajar SMP/Mts, tapi juga untuk SD, TK dan PAUD.

“Berbagai kegiatan lomba yang dilaksanakan tersebut adalah, Lomba bercerita, Lomba membaca, Lomba melukis, Lomba berpantun serta Lomba Awang dan Dara yang dikemas selama 5 hari,” kata M Ishak kepada pijarkepri.com melalui WhastApp,” Sabtu (12/10/2019).

Ishak melanjutkan, dengan adanya Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik yang di alokasikan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud melalui Direktorat Cagar Budaya dan Museum, kepada Moseum Linggam Cahaya Kabupaten Lingga sebesar Rp450 juta tahun 2019, dinilai sangat membantu Disbud Lingga untuk dapat melaksanakan berbagai kegiatan edukasi di bidang budaya kepada anak-anak sekolah.

Menurutnya, hal itu upaya yang dilakukan Disbud Lingga agar swwkolah dapat mencintai museum dengan segala koleksi yang ada. “Sehingga fungsi museum yang kita bangun akan terus dapat memberikan berbagai manfaat,” ungkapnya.

Ishak menjelaskan, kita bersyukur kepada Allah dan berterima kasih kepada Dirjen Kebudayaan Kememdikbud serta Bupati Lingga yang terus menerus memotivasi untuk terus berupaya mendapatkan dana-dana dari pusat, karena sebelumnya dengan dana yang serba terbatas, kita belum banyak dapat berbuat seperti tahun ini, kecuali hanya sebatas memberikan himbauan kepada sekolah-sekolah agar selalu datang ke Moseum.

“Insya Allah, tahun 2020 nanti, alokasi DAK non fisik untuk Moseum Linggam Cahaya Lingga, akan meningkay lagi menjadi 700 juta, adanya kenaikan ini dikarenakan Moseum Lingga setelah diverifikasi oleh tim pusat naik menjadi tipe B,” tutupnya. (ACI)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top