12 Generasi Penerus Tanjung Sebayur Mengenyam Pendidikan

Murid sekolah kelas jauh SDN 005 Singkep Barat, Lingga.

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Begitu terlihat senangnya wajah 12 orang wali murid kelas jauh Sekolah Dasar Negeri 005, Kecamatan Singkep Barat disela-sela suatu acara di daerah terbilang jauh di Lingga itu, Sabtu, 20 Juli 2019.

Para wali murid yang menggantungkan nasib kemajuan Tanjung Sebayur, Desa Marok Tua, Kecamatan Singkap Barat di pundak 12 generasi penerus, mereka tak lain anak-anak Tanjung Sebayur yang belum mengenyam pendidikan.

Pada akhirnya, 12 generasi penerus itu mendapatkan pendidikan, mereka secara resmi masuk dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sebagai siswa Sekolah Dasar Negeri 005, Singkep Barat sebagai kelas jauh.

Pemerintah setempat melalui Dinas Pendidikan Lingga membuka akses pendidikan dasar di Tanjung Sebayur, suatu wilayah di Lingga yang terbilang minim akses pendidikan, lantaran kurangnya akses transportasi antar pulau.

Kepala Dinas Pendidikan Lingga, Junaidi Adjam mengatakan, 12 siswa tersebut sebelumnya tidak pernah mengenyam pendidikan walaupun mereka sudah seharusnya masuk usia sekolah.

Junaidi mengutarakan hal itu dikarenakan jarak tempuh dan akses ke Sebayur begitu sulit dan harus melalui transportasi laut.

Kendati demi kelancaran proses belajar mengajar di Tanjung Sebayur, Dinas Pendidikan Lingga telah menyiapkan 1 orang tenaga guru tetap, untuk memberikan pendidikan kepada para siswa.

“Harapan kami mudah-mudahan tidak ada lagi kita temukan anak-anak usia sekolah yang tidak dapat memperoleh pendidikan,” terang Junaidi Adjam kepada media melalui pesan WhastApp nya, Sabtu (20/7/2019).

Kini, sebanyak 12 orang murid Desa Marok Tua, Kecamatan Singkep Barat, resmi didaftarkan sebagai generasi penerus di sekolah dasar kelas jauh, Tanjung Sebayur.

Pewarta : Puspandito /Aci

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top