Pansus Ranperda BBKM DPRD Kepri Kunker ke LAM Lingga

Tim Pansus Ranperda BBKM DPRD Kepri saat Kunker ke LAM Lingga. (Foto : aci)

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Tujuh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri yang tergabung dalam Tim Pansus Rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang Bangunan Berciri Khas Melayu (BBKM) Kunjungan kerja (Kunker) ke Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepri Kabupaten Lingga, Rabu (19/6/2019).

Kunker Tim Pansus Ranperda BBKM DPRD Kepri tersebut dijadwalkan berlangsung tiga hari, dimulai 18 Juni 2019 hingga 20 Juni 2019.

Ketua Pansus, Burhanudin mengatakan, kunker dan tinjauan lapangan dari Tim Pansus Ranperda BBKM ke LAM Lingga, upaya mendapatkan masukan guna penyempurnaan Ranperda tentang BBKM.

Pansus menilai Lingga pernah menjadi pusat kerajaan melayu dan bunda tanah melayu, masukan dari LAM Lingga sangat diperlukan Tim Pansus Ranperda BBKM.

“Meskipun Diskusi yang dimoderatori Datuk Nadar tersebut bejalan cukup alot dan selesai hampir pukul 12 malam, tetapi Pansus merasa sangat puas dan benar-benar mendapatkan masukan yang sangat berarti sekali, dari pengurus LAM Kepri Kabupaten Lingga,” kata Burhanudin kepada awak media,

Rombongan Pansus yang bejumlah 7 orang tersebut yakni, Burhanuddin (Ketua Pansus), Hanafi Ekra, Tawarich, Raja astagena, Dewi Kumalasari, Yuniarni Pustoko Weni dan Saptono Mustaqim, Pansus juga didampingi oleh salah satu Kabid Disbud Provinsi Kepri, Umi dan tenaga ahli, Ir. Martin Baron.

Pada pertemuan dan diskusi di balai adat LAM Lingga, Tim Pansus Ranperda BBKM langsung diterima Ketum LAM Kepri Kabupaten Lingga, Datuk Muhammad Ishak beserta pengurus lainya diantaranya, Datuk Nadar, Kamarulzaman, Jumadi, Lazuardi, Agusmarli, Fadlillah, Karim dan Aryanto.

Selain mengadakan pertemuan dengan pengurus LAM dan Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Lingga, juga melakukan peninjauan ke lapangan.

Sejumlah tempat yang menjadi kunjungan Tim Pansus Ranperda BBKM yakni, situs Istana Damnah, Reflika Istana Damnah serta beberapa rumah lama milik masyarakat di Daik, Lingga, seperti rumah Datuk Laksamana, rumah almarhum Said Abdul Hamid dan rumah Tambi Abdurrahman.

Selain di Daik Lingga, Tim Pansus Ranperda BBKM juga akan mengadakan pertemuan dan peninjauan ke lapangan di Dabo Singkep. (ACI).

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *