Kampung Bulang Kelurahan Terbaik di HUT Kepri Ke-16

Wakil Gubernur Kepulauan Riau Isdianto saat menyerahkan penghargaan atas penilaian kelurahan terbaik 2018 di HUT Kepri ke 16. Penghargaan itu diterima Lurah Kampung Bulang, Roni Syahputra, di Gedung Daerah Tanjungpinang, Selasa (24/9). (f-ang)
Wakil Gubernur Kepulauan Riau Isdianto saat menyerahkan penghargaan atas penilaian kelurahan terbaik 2018 di HUT Kepri ke 16. Penghargaan itu diterima Lurah Kampung Bulang, Roni Syahputra, di Gedung Daerah Tanjungpinang, Selasa (24/9). (f-ang)

PIJARKEPRI.COM, Tanjungpinang – Kelurahan Kampung Bulang, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau mendapatkan penilaian kelurahan terbaik se-Provinsi Kepulauan Riau, di Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Kepri ke 16.

Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Isdianto memberikan penghargaan itu secara langsung kepada Lurah Kampung Bulang Roni Syahputra, di halaman Gedung Daerah Tanjungpinang, Selasa (24/9).

“Selamat kepada Kelurahan Kampung Bulang sebagai kelurahan dengan penilaian terbaik di tahun ini. Semoga kedepan dapat lebih baik dalam melayani masyarakat,” kata Wagub Kepri Isdianto.

Sebelumnya, Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Raja Ariza menilai Kelurahan Kampung Bulang merupakan salah satu kelurahan yang pantas diperlombakan sebagai perwakilan Kota Tanjungpinang ditingkat Provinsi Kepulauan Riau.

Salah satu indikator penilaian Wali Kota mengutus Kelurahan Kampung Bulang lantaran dianggap sebagai kelurahan terbaik, dengan beragam prestasi yang pernah diraih.

Selain itu dalam melayani masyarakat, Kelurahan Kampung Bulang dinilai memiliki terobosan atau inovasi baik yang dilakukan oleh Lurah dalam mengatasi permasalahan kewilayahan.

“Saya melihat Kelurahan Kampung Bulang ini cukup menonjol dan berprestasi dalam segala bidang. Sinergitas antar Perangkat Kelurahan dan masyarakat terbangun secara harmonis,” ujar Raja Ariza dalam sambutannya, saat penilaian Kelurahan Terbaik tingkat Kota Tanjungpinang, belum lama ini.

Terpisah, Lurah Kampung Bulang Roni Syahputra mengutarakan rasa terimakasih atas penghargaan yang diberikan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk Kelurahan Kampung Bugis.

“Ini semua adalah kerja keras seluruh element masyarakat, dan para pegawai, staf kelurahan, sesuai dengan moto kami, Melayani Sepenuh Hati,” katanya, kepada pijarkepri.com

Atas pencapaian itu tak begitu banyak harapan Roni untuk seluruh masyarakat dan pemerintah sendiri. Dia mengungkapkan, harapan yang paling utama yakni, pemerintah dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga masyarakat sesusai dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi).

“Inilah tugas abdi negara dan abdi masyarakat untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Apalagi kelurahan selaku ujung tombak pemerintah,” ungkapnya.

Beragam penghargaan dan prestasi yang pernah di raih Kelurahan Kampung Bulang dalam rentan waktu satu tahun, 2017 – 2018, sejak kepemimpinan Roni, yakni juara 2 MTQ tingkat Kecamatan Tanjungpinang Timur, Juara 1 Posyandu tingkat Kota Tanjungpinang, Juara 1 Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) tingkat Kota Tanjungpinang.

Di 2018, terus berupaya meningkatkan prestasi masyarakat diwilayahnya, berhasil menjadi Juara Umum MTQ Tingkat Kecamatan Tanjungpinang Timur mengantarkan Kampung Bulang sebagai Juara 1 Kelurahan Terbaik Tingkat Kota Tanjungpinang, menyusul Juara 1 Perpustakaan Tingkat Kota dan Juara 1 Perpustakaan Tingkat Provinsi Kepri.

“Kerja adalah ibadah,” ungkap Roni.

Salah satu trobosan terbarukan Roni untuk menjadikan Kelurahan Kampung Bulang sebagai kelurahan terbaik di tingkat Provinsi Kepulauan Riau, dimulai sejak tahun pertama dia menjabat sebagai Lurah dengan memanfaatkan teknologi informasi serba online saat ini.

Menurutnya, menciptakan sarana akses informasi dan pelayanan masyarakat tidak begitu mudah. Namun, peran pemerintah untuk memberikan pengetahuan terbarukan itu kepada masyarakat sudah tentu menjadi tanggungjawab yang harus dilaksanakan dengan sabaik-baiknya.

Upaya pembaharuan pelayanan masyarakat tersebut dimulai dari pelayanan online yang terintegrasi dari semua kebutuhan masyarakat, meliputi aplikasi surat menyurat, perpustakaan online, informasi PBB, pemetaan tanah, hingga permohonan surat nikah, semua dapat di akses di situs web http://kampungbulang.tanjungpinangkota.go.id

“Ini untuk mempermudah pelayanan dan mempersingkat waktu,” ungkapnya.

Roni terus berupaya menciptkan inovasi terbarukan pelayanan secara online tersebut kepada 10.558 penduduk yang tersebar di 36 Rukun Tetangga dan 12 Rukun Warga di Kelurahan Kampung Bulang, Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Alasanya menciptakan palayanan online yang terintegrasi tersebut agar mempermudah ruang gerak masyarakat, pelayanan yang cepat dan transparan.

“Untuk saat ini, untuk mengetahui pengurusan Kartu Keluarga (KK) sudah siap atau belum, dan mengetahui PBB sudah diambil dan terhutang berapa saja bisa di cek langsung dirumah, melalui smartphone,” ungkapnya.

Selain itu, dengan pelayanan online, masyarakat dapat mengetahui apakah tanah/surat tanah yang dimiliki apakah sudah teregister atau tidak, begitu juga dengan pengurusan surat nikah N1,N2 dan N3.

“Dapat juga dilihat melalui web atau aplikasi,” ujarnya.

Tidak hanya penilaian di sektor pelayanan secara online untuk masyarakat yang menjadikan Kelurahan Kampung Bulang sebagai kelurahan terbaik tingkat Provinsi Kepulauan Riau 2018. Hal yang perlu diketahui yakni, bagaimana kelurahan dapat menghidupkan ekonomi masyarakat.

Roni mengungkapkan, dalam sisi pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) masyarakat, dia mengambil kebijakan bekerjasama dengan sejumlah swalayan yang ada di Kelurahan Kampung Bulang untuk dapat menerima produk yang dibuat oleh masyarakat.

Kelurahan Kampung Bulang saat mempromosikan hasil UKM penduduk setemlat di Dapoer Melayu. Pengembangan UKM merupakan salah satu program trobosan Kelurahan Kampung Bulang.

Upaya Kelurahan Kampung Bulang meningkatkan UKM penduduk setempat dimulai dari menciptakan inovasi dari memperkaya kuliner dengan kemasan layak dan menarik, hingga pemasaran prodak tersebut. Beberaoa prodak UKM tersebut yakni, Sotong Kering, Sambal Lengkong, yang saat ini memiliki pesanan hingga ke mancanegara.

Baca Juga : Anak Petani Jadi Pengusaha Sukses

“Kalau sambal lengkong baru masuk di Swalayan Kurnia dan Dapoer Melayu, karena belum siap label halalnya sementara belum dimasukkan, namun akan terus diperjuangkan kualitas dan kuantitasnya,” ungkapnya.

Diakhir penyampaian Roni mengenai sejumlah upaya 14 pegawai Kelurahan Kampung Bulang dan masyarakat setempat demi kemajuan kota Tanjungpinang yang gemilang, dia berharap pemerintah dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga masyarakat sesuai dengan tupoksinya.

“Dengan memperkuat komitmen serta keteladanan pimpinan di semua tingkatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, dengan menerapkan sistim reward dan funishmen dan meningkatkan kesejahteraan aparaturnya,” pungkasnya.

Pewarta : Aji Anugraha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *