Tahun Depan Disparbud Usulkan Anggaran Perbaikan Makam Embung Fatimah

Surjadi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang. (Foto : Aji Anugraha)
Surjadi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang. (Foto : Aji Anugraha)
Surjadi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang. (Foto : Aji Anugraha)
Surjadi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang. (Foto : Aji Anugraha)

PIJARKEPRI.COM, Tanjungpinang – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata di Tanjungpinang, Kepulauan Riau menyatakan akan mengusulkan anggaran perbaikan situs bersejarah komplek makam Embung Fatimah, di Pulau Penyengat, Tanjungpinang tahun depan, 2020.

“Tahun depan akan kita usulkan,” kata Kepala Disbudpar Tanjungpinang, Surjadi, Kamis (20/8/2019).

Bacaan Lainnya

Surjadi mengatakan Pemerintah Kota Tanjungpinang sudah menyiapkan desain perbaikan komplek makam Embung Fatimah. Bakan tahun lalu, salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah akan melaksanakan perbaikan itu melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR).

“Desain nya sudah ada, tahun lalu sudah akan di laksanakan oleh CSR salah satu BUMN, tapi tidak jadi,” ungkap mantan Kepala Bappelitbang Tanjungpinang itu.

Baca Juga : Pemerintah Belum Juga Perbaiki Komplek Makam Embung Fatimah

Anggota DPRD Tanjungpinang Fraksi PDI Perjuangan, Agus Djurianto menyatakan siap menerima usulan anggaran perbaikan situs cagar budaya di Tanjungpinang.

Menurutnya, situs cagar budaya Tanjungpinang harus dijaga, dirawat dan dilestarikan, mengingat Pulau Penyengat merupakan salah satu warisan peninggalan sejarah dunia.

“Warisan peninggalan sejarah di Pulau Penyengat harus dijaga dan dirawat dengan baik. Jika masalahnya adalah anggaran, silahkan diusulkan agar dapat dibahas dan diperjuangkan,” ungkap Agus.

Komplek makam Embung Fatimah rusak tertimpa pohon sejak 13 Juli 2016 hingga saat ini terbiarkan.

Pemerintahan Tanjungpinang saat itu berjanji akan segera memperbaiki komplek permaisuri Yang Dipertuan Muda Riau (YDMR) X Raja Muhammad Yusuf itu sejak dikabarkan rusak.

Kondisi komplek makam Embung Fatimah yang berada di Kampung Jamba, Kelurahan Penyengat, Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (20/8/2019). (Foto: Aji Anugraha/pijarkepri.com)

Komdisi rusak komplek makam Embung Fatimah itu terlihat dari bangunan yang dulunya beratap saat ini tak lagi beratap, besi pembatas pagar reot dan plang petunjuk situs sejarah terbiarkan, tak ada aktivitas pembangunan di makam itu.

Komplek makam Embung Fatimah berada di Kampung Jamba, Kelurahan Penyengat, Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Situs bersejarah ini relatif mudah untuk dijangkau karena berada di kawasan wisata Pulau Penyengat.

Makam Embung Fatimah terletak di Bukit Bahjah, tidak jauh dari jalan menuju Kompleks Makam Raja Haji fi Sabilillah.

Selain Makam Embung Fatimah, di komplek ini masih terdapat makam-makam lainnya yang seluruhnya berjumlah 21 makam yang dibatasi dengan pagar bertembok.

Pewarta : Aji Anugraha
Editor : Redaksi

Pos terkait