Sosok Tjahjo Kumolo di Mata Lis Darmansyah

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo, Jakarta, Jumat (1/7/2022), sekitar pukul 11.10 WIB.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo, Jakarta, Jumat (1/7/2022), sekitar pukul 11.10 WIB.

PIJARKEPRI.COM – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo, Jakarta, Jumat (1/7/2022), sekitar pukul 11.10 WIB.

Kabar duka tersebut dibenarkan oleh petinggi PDIP Junimart Girsang, usai menjalani perawatan intensif sejak beberapa hari yang lalu.

“Saya baru dapat kabar sekitar 2 menit yang lalu, [Thahjo] sudah dipanggil Tuhan. Sekitar 11.20 WIB,” kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari PDIP Junimart Girsang kepada dikutip dari laman CNNIndonesia.com

Tjahjo Kumolo mendapatkan tempat tersendiri di mata masyarakat, terkhusus kader PDI Perjuangan. Salah satunya adalah Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kepri, Lis Darmansyah.

Bagi Lis, sosok Tjahjo Kumolo adalah sosok yang sederhana meskipun pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal partai sampai menjadi mendagri dan MenPan RB.

“Beliau adalah sosok yang sangat sederhana, mumpuni, rendah hati dan mau mendengar permasalahan-permasalahan di daerah sesibuk apapun,” kata Lis.

“Jika kita hubungi pun beliau mudah sekali, bahkan jika beliau sedang rapat, beliau akan menghubungi kembali, begitulah beberapa hal yang saya rasakan dari sosok seorang Mas Tjahjo Kumolo, dalam berbicara pun beliau sangat santun sekali dengan siapa pun,” tambahnya, mengenang Tjahjo.

Lis mengutarakan, pasti rasa haru seluruh kader partai dari atas sampai akar rumput kehilangan sosok Tjahjo Kumolo sebagai senior partai yang dikenal dengan keramahan dan kesederhanaannya.

Lis mengungkapkan rasa kehilangan Tjahjo Kumolo lantaran pernah begitu dekat dengannya ketika menjabat sebagai pengurus partai maupun saat menjadi Menteri di kabinet Jokowi.

“Kami mendoakan Almarhum dalam keadaan husnul khatimah. Dan saya pun secara pribadi sangat merasakan kehilangan terhadap sosok Almarhum. Apalagi saya secara pribadi sangat dekat dengan Almarhum dan termasuk inten berkomunikasi dengan Almarhum,” ungkapnya.

Humas KemenPAN-RB dalam siaran pers, Jumat (1/7/2022), menerangkan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Prosesi pemakaman jenazah Tjahjo Kumolo akan dilakukan secara militer. Saat ini jenazah Tjahjo dibawa ke rumah dinas, di Widya Candra untuk dimandikan dan disemayamkan.

Selajutnya, jenazah Tjahjo Kumolo akan disalatkan di Masjid Quba di kompleks Kementerian PAN-RB, Senayan, Jakarta Selatan dan akan dibawa ke TMP Kalibata, Jakarta Selatan untuk dimakamkan.

(ANG/DTK/CNN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *