Pemko Tanjungpinang Gelar Upacara Peringatan HSP Ke-92

Walikota Tanjungpinang, Rahma saat memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-92 tahun 2020, di Lapangan Pamedan Ahmad Yani, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu (28/10/2020).

PIJARKEPRI.COM – Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-92 tahun 2020, di Lapangan Pamedan Ahmad Yani, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu (28/10/2020).

Dalam sambutannya Walikota Tanjungpinang Rahma, mengatakan pemuda yang dikenal sebagai kaum milineal memiliki peran yang cukup penting dalam penangganan Covid-19. Pasalnya, mereka menjadi bagian terpenting dalam proses sosialisasi dan edukasi kepada warga terutama dalam penerapan protokol kesehatan.

“Saat ini, pemuda sangat paham teknologi dan juga informasi. Mereka bisa jadi motor penggerak dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat guna mencegah terjadinya ledakan kasus Covid-19 di kota Tanjungpinang,” kata Rahma.

Ia mengatakan, generasi muda memiliki fungsi sebagai ‘agent of change’ sehingga merupakan hal terpenting yang dibutuhkan saat ini sebagai pemicu terjadinya sebuah perubahan bagi kaum muda maupun kalangan anak-anak dan orang tua.

Rahma mengungkapkan, pada kondisi adaptasi kehidupan baru ini, sangat tepat kita mengandalkan kaum muda. Karena, mereka punya cara sendiri yang dinilai lebih efektif dalam memberikan informasi yang mudah tersampaikan kepada masyarakat seperti, membuat konten kreatif tentang protokol kesehatan atau menjadi relawan.

Dengan inovasi tersebut, menurut Rahma, kreativitas yang dimiliki pemuda bangsa ini khususnya Tanjungpinang, mampu menyampaikan informasi agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Disamping itu, pemuda juga harus berperan aktif memberikan informasi yang benar sehingga masyarakat tidak mudah percaya dengan informasi yang mengarah pada hoaks di masa adaptasi kebiasaan baru ini.

“Saya meminta agar pemuda turut membantu pemerintah dan menjadi agent of change dalam mencegah penyebaran Covid-19 di kota Tanjungpinang,” kata Rahma.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Tanjungpinang, Agustiawarman menuturkan, pada tahun ini, peringatan hari sumpah pemuda mengambil tema bersatu dan bangkit yang memiliki makna semangat bersatu dan kerja sama untuk melawan Covid-19.

“Meski di tengah pandemi Covid-19, semangat pemuda harus bersatu lalu bangkit untuk terus berkreatif dan berkreasi membantu banyak orang dalam menghadapi masa pandemi Covid-19,” ujar Agus.

Agus mengatakan, dalam rangkaian peringatan HSP ini, pihaknya melaksanakan beberapa kegiatan yaitu, lomba karya tulis ilmiah (LKTI) pemuda, coffee morning bersama pemuda yang rencananya akan dilaksanakan 24 November 2020, dan peluncuran aplikasi “Dakota”.

Ia menjelakskan, Dakota adalah aplikasi berbasis web yang isinya menghimpun data-data kepemudaan di kota Tanjungpinang.

Ia menilai, pengembangan aplikasi tersebut uapaya untuk mendorong pemuda untuk tidak diam saja, tapi di dorong untuk berinovasi dalam tulisan. Dispora Tanjungpinang menghimpun pemuda di kota itu untuk menyampaikan aspirasi dan masukan yang nanti dapat menjadi acuan bagi pemerintahan.

“Serta melaksanakan kegiatan, supaya masyarakat tetap bertahan dan tetap berusaha dalam menjalankan kehidupan sehari-hari di tengah pandemi Covid-19 ini,” katanya.

Pada peringatan itu, dilaksanakan penyerahan hadiah dari beberapa kegiatan lomba yang sudah dilaksanakan seperti, lomba vlog pramuka penegak putra dan putri, lomba dongeng pahlawan bangsa.

Pewarta : Dian Pramana

Editor : Aji Anugraha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *