Lingga  

Desa Batu Kacang Sediakan Internet Gratis untuk Bantu Pelajar Belajar Daring

Suharkopeni, saat ditemui diruang perpustakaan Kantor Desa Batu Kacang.
Suharkopeni, saat ditemui diruang perpustakaan Kantor Desa Batu Kacang.

PIJARKEPRI.COM – Pemerintah Desa Batu Kacang, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, menyediakan fasilitas internet gratis untuk membantu pelajar belajar Daring (Dalam Jaringan), di masa pandemi Covid-19 di daerah itu.

Kepala Desa (Kades) Batu Kacang, Suharkopeni, ditemui, Senin (10/8/2020) mengatakan, internet gratis tersebut untuk belajar daring bagi siswa di desanya. Mulai hari ini, perpustakaan Desa Batu Kacang ditempatkan untuk sarana belajar pelajar di daerah itu, gratis.

Ia mengatakan, jaringan wifi tersebut sudah dipasang sejak bulan Februari 2020 lalu, yang sebenarnya diperuntukkan bagi keperluan kantor.

Namun, kata Kades yang akrab disapa pak Peni ini mengungkapkan, mendengar adanya keluhan dari orang tua, terkait anak-anak mereka yang belajar menggunakan internet, yang tentunya berkaitan dengan operasional pulsa.

Dengan adanya keluhan dan masukan dari warga tersebut, dia ingin sekali membantu terutama warga Desa Batu Kacang, dia berinisiatif menyediakan tempat bagi pelajar yang ingin mengerjakan tugas-tugas sekolah mereka.

“Untuk memudahkan para pelajar untuk dapat mempergunakan fasilitas wifi tersebut, kami telah menyediakan beberapa meja dan kursi di ruang Perpustakan Kantor Desa Batu Kacang, jadi bagi pelajar silahkan datang ke tempat yang telah kami sediakan, jika memang ruang ini tidak mencukupi, sementara pengunjung nya ramai, kita bisa menggunakan ruang pertemuan Kantor Desa,” kata Kades Batu Kacang saat ditemui di Perpustakaan Kantor Desa, Senin (10/8/2020).

Peni melanjutkan, penyediaan fasilitas akses internet gratis di kantor Desa Batu Kacang, diharapkan dapat meringankan beban para orangtua di Desa Batu Kacang dalam menghadapi pembelajaran daring bagi anak-anak mereka di masa pandemi Covid-19 ini.

Dikatakan, agar masyarakat bisa mengetahui adanya wifi gratis di Kantor Desa tersebut, pihak desa telah memberi tau melalui group desa, Facebook mau pun menyampaikan lansung ke warga desa yang kebetulan datang ke kantor desa.

“Untuk pelajar yang ingin menggunakan wifi ini silahkan datang, karena kami buka dari pukul. 08.30 Wib hingga pukul.15.30 Wib setiap hari jam kerja,” terangnya.

Selain itu, kata Peni lagi, jika para pelajar ingin membaca buku guna menambah pengetahuan, Kantor Desa Batu Kacang memiliki perpustakaan yang menyediakan buku-buku untuk dibaca.

Dia mengatakan, perpustakaan tersebut sudah beroperasi cukup lama, hanya saja pelajar kurang minat untuk datang ke perpustakaan tersebut. Untuk itu, dengan adanya wifi gratis itu diharapkan dapat juga menimbul kan minat baca pelajar membaca buku-buku di perpustakaan kantor desa itu.

Untuk saat ini, tambah Peni, perpustakaan kantor desa baru memiliki 1000 buku yang merupakan bantuan dari Provinsi Kepri, jika minat kunjungan meningkat bukan tidak mungkin koleksi buku juga bisa ditambah, dan untuk wifi gratis yang kami sediakan bagi pelajar ini, hanya untuk keperluan belajar atau bagi mereka ingin download apa-apa keperluan untuk pelajar silahkan, namun kami tidak mengizinkan pelajar untuk bermain Game atau menonton yuotube.

“Jadi hanya khusus untuk pelajaran saja, dan juga tetap harus mengikuti protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dangan sabun yang telah disedia kan dan menjaga jarak,” imbuhnya. (Aci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *