'

Empat Calon TKI Ilegal Menyerahkan Diri ke Polisi

Ilustrasi

PIJARKEPRI.COM – Empat (4) calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal menyerahkan diri ke Satpolairud Polres Bintan, Kepulauan Riau, Senin (17/2/2020).

Kasatpolairud Polres Bintan AKP Suardi, dihubungi dari Tanjungpinang, mengatakan, 4 TKI ilegal tersebut keluar dari dalam tempat persembunyian saat Polisi meringkus 35 calon TKI ilegal, Sabtu (15/2/2020) malam.

“Empat calon TKI Ilegal keluar dari dalam semak-semak di lokasi penangkapan. Jadi total keseluruhan yang kami amankan 39 calon TKI ilegal,” ujarnya.

Baca Juga : Polisi Buru Bos Pengirim 35 TKI Ilegal Bintan

Satpolairud Polres Bintan menggagalkan dan mengamankan 39 calon TKI Ilegal di pelabuhan tidak resmi, pantai Trikora, Bintan, Kepulauan Riau, Sabtu (15/2/2020).

Polisi juga mengamankan satu ABK kapal dan satu sopir angkut TKI ilegal tersebut berinisial JF dan DN. Mereka diringkus petugas saat akan mendistribusikan para TKI Ilegal tersebut ke Malaysia.

“Mereka kita tangkap saat berada di bibir pantai Trikora, tinggal menjemput calon TKI tersebut,” ungkapnya.

AKP Suardi menuturkan, berdasarkan hasil pemeriksaan 39 TKI Ilegal tersebut tidak ditemukan identitas paspor tenaga kerja. Para TKI ilegal tersebut berasal dari Aceh, NTT, Buton, Flores.

Menurut pengakuan ABK kapal pengangkut TKI ilegal tersebut kepada Polisi, penyelundupan calon TKI ilegal tujuan Malaysia itu sudah kesekian kalinya.

“Berdasarkan pengakuan mereka ini yang ke 3 kalinya, dua kali lolos,” ungkapnya.

Baca Juga : Polres Bintan Gagalkan Penyelundupan 35 TKI Ilegal

Setiap calon TKI Ilegal merogoh satu hingga dua juta rupiah untuk diberangkatkan melalui pelabuhan tikus tersebut. “Pengakuannya bayar Rp1.000.0000 sampai Rp2.000.000 ke penampung TKI ilegal tersebut,” ungkap AKP Suardi.

Satu dari dua anak buah penyelundup TKI Ilegal tersebut bertugas untuk merekrut para TKI dari luar Kepri. Sedangkan seorang lagi ditugaskan untuk mengantarkan para TKI ilegal ke pelabuhan tidak resmi di Bintan, untuk di berangkatkan ke Malaysia.

Satpolairud Polres Bintan berhasil melacak identitas bos/penampung calon TKI ilegal tersebut.

“Bosnya inisial TM, masih kita kejar,” ungkap AKP Suardi.

Pewarta : Aji Anugraha

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *