UPN Veteran Gelar UKW di Kepri

Ilustrasi (f-net)
Ilustrasi (f-net)

PIJARKEPRI.COM, Tanjungpinang – Lembaga penguji Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Tanjungpinang pada Tanggal 8-9 Desember 2018.

Panitia pelaksanaan UKW, Nizamul Akhyar di Tanjungpinang, Jumat, mengatakan, pelaksanaan UKW tersebut upaya untuk memberikan kesempatam para wartawan di Kepulauan Riau agar menjadi wartawan yang benar-benar berkompeten di bidangnya.

Bacaan Lainnya

UKW tersebut akan diselengarakan di Rupatama Polres Tanjungpinang. UKW juga terbuka untuk umum. Wartawan darimanapun dapat mendaftar, asalkan memenuhi syarat yang telah ditentukan panitia.

“UKW ini untuk membantu Dewan Pers menyertifikasi wartawan. Ini merupakan bentuk dukungan kita terhadap Dewan Pers,” katanya.

Ia menjelaskan teknis pelaksanaan UKW akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok terdiri dari 7 peserta di jenjang Muda, Madya dan Utama. Saat ini peserta yang mendaftar sekitar 50 peserta yang berasal dari Tanjungpinang, Batam dan Anambas.

“Jenjang Muda untuk Wartawan, jenjang Madya untuk Redaktur atau Redpel, sedangkan Utama sekelas Pimred dengan syarat minimal telah menjadi wartawan selama 6 tahun,” ungkap Owner Bolu Kemboja Baginda ini yang tak lain sebagai salah satu sponsor pelaksanaan UKW.

UKW tersebut juga didukung Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi. Kepada sejumlah media, Ucok mengatakan sudah seharusnya Polres Tanjungpinang mendukung langkah baik yang ingin dilakukan wartawan dalam mengukur kemampuannya sebagai wartawan.

Sebagai salah satu bentuk dukungannya, pihaknya telah memfasilitasi tempat pelaksanaan UKW.

Selama ini, Kapolres berucap, wartawan baginya sudah sangat membantu dalam menyampaikan informasi kepadanya khususnya, dan masyarakat umumnya. Apalagi, menjelang pemilu 2019 pihaknya sangat membutuhkan informasi dari wartawan terkait pengamanan pemilu di Tanjungpinang.

“Kita apresiasi para peserta yang ingin mengukur kemampuannya. Sebab, wartawan selama ini adalah mata dan telinga saya, selalu ada informasi yang diberikannya,” ucap Kapolres.

(DNP)

Editor : Aji Anugraha

Pos terkait