Pentingnya Ibu Tes IVA dan Sadanis Menghindari Kanker Serviks

Gelaran deteksi dini pentingnya IVA dan Sadanis untuk Ibu. Dinkes PPKb Tanjungpinang dan Ketua Tim PKK Tanjungpinang Dra Hj Handayani Raja Ariza . (foto: ang/pijarkepri.com)

Gelaran deteksi dini pentingnya IVA dan Sadanis untuk Ibu. Dinkes PPKb Tanjungpinang dan Ketua Tim PKK Tanjungpinang Dra Hj Handayani Raja Ariza . (foto: ang/pijarkepri.com)

PIJARKEPRI.COM, Tanjungpinang – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Tanjungpinang mengajak para ibu di kota itu untuk melakukan tes Inspeksi Vagina dengan Asam aseta (IVA) untuk deteksi dini kanker leher rahim dan Pemeriksaan Payudara dengan Tenaga Medis (Sadanis) setahun sekali.

“Ibu ibu perlu melakukan tes IVA dan Sadanis supaya terhindar dari kanker serviks dan kanker payudara,” kata Ketua Tim PKK Tanjungpinang, Dra Hj Handayani Raja Ariza, di Tanjungpinang, Selasa (27/3).

Di Tanjungpinang para Ibu warga RT 05 RW VIII Kelurahan Pinang Kencana mendapatkan kesempatan pertama tes IVA dan Sadanis.

Sebelum pelaksanaan tes IVA dan Sadanis, dokter Puskesmas Batu 10, dr Dian Oktavianti Putri memberikan penyuluhan terlebih dulu kepada para Ibu pentingnya IVA dan Sadanis.

Tidak kurang dari 47 ibu warga RT 05 yang mengikuti pemeriksaan IVA, Sadanis dan pengukuran indeks massa tubuh.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana setempat, Rustam menyambut baik adanya kegiatan bersama TP PKK Ini.

Ia mengharapkan kegiatan ini akan dilanjutkan di lokasi-lokasi lainnya sehingga target seluruh ibu mendapatkan pemeriksaan IVA dan Sadanis minimal setahun atau dua tahun sekali dapat diwujudkan.

“Di samping pelayanan di Posyandu Posyandu, pemeriksaan IVA dan Sadanis juga bisa diperoleh para ibu di setiap Puskesmas di wilayah Kota Tanjungpinang setiap hari kerja Puskesmas,” ujarnya

Diagendakan pemeriksaan yang sama akan dilakukan pagi ini, Rabu (28/3) di Posyandu Saliara Perumahan Bukit Raya.

Selain dihadiri Kadis Kesehatan dan PPKB Tanjungpinang, giat tes IVA dan Sadanis yang dimotori Tim PKK, turut hadir Kepala Puskesmas Batu 10, Lurah Pinang Kencana dan Para Ketua PKK Kelurahan se- Kecamatan Tanjungpinang Timur, para kader posyandu dan posbindu PTM se Kelurahan Pinang Kencana, Tanjungpinang. (ANG)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *