Tanjungpinang Raih Lagi Adipura Yang Ke 13

Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah saat menerima piala Adipura Kota Sedang dari Presiden RI Joko Wododo, diserahkan Menteri LKH Siti Nurbaya, di Jakarta (Foto : Aji/hum/pijarkepri.com)

Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah saat menerima piala Adipura Kota Sedang dari Presiden RI Joko Wododo, diserahkan Menteri LKH Siti Nurbaya, di Jakarta (Foto : Aji/hum/pijarkepri.com)

PIJARKEPRI.COM, Jakarta – Kota Tanjungpinang kembali meraih penghargaan Piala Adipura kategori kota sedang 2017 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya kepada Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah di Auditorium Manggala Wanabhakti, Jakarta, Rabu malam (2/8).

Penghargaan tersebut merupakan yang ke (13) tiga belas kalinya diraih Kota Tanjungpinang negeri pantun.

Tanjungpinang merupakan satu dari 122 Kabupaten dan Kota se-Indonesia yang mendapatkan Adipura.

Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah mengatakan, prestasi Tanjungpinang unuk mendapatkan Adipura adalah bentuk kerjasama semua elemen masyarakat dan instasi terkait dalam mempertahankan adipura.

“Penghargaan ini adalah bentuk prestasi pemerintah daerah Tanjungpinang kepada pemerintah pusat, sehingga Tanjungpinang turut dipromosikan hingga ke tingkat Nasional dan Internasional,” katanya usai menerima Adipura.

Lis mengatakan, kerja keras pemerintah Kota Tanjungpinang tidak luput dari bantuan masyarakat setempat dalam setiap waktu. Selama dia menjabat, Tanjungpinang mendapatkan. 1 sertifikat dan 3 piala Adipura dari Presiden RI.

“Segala upaya kita lakukan bersama sama untuk Kota Tanjungpinang, untuk mempromosikan Tanjungpinang terus dan terus,” kata Lis.

Piala Adipura Kota Tanjungpinang itu direncanakan akan dibawa ke Kota Tanjungpinang. Pemerintah setempat akan mengadakan arak-arakan Adipura tersebut mengelilingi Kota Tanjungpinang pada Jumat (4/8).

Adipura berasal dari gabungan bahasa Sansekerta “Adhi” yang berarti unggul, utama, baik, indah dan “Pura” yang berarti tempat

Apa itu Adipura ?

Piala Adipura kategori Kota Sedang yang diterima Pemko Tanjungpinang oleh Kementerian LHK RI Tahun 2017. (Foto: Aji/pijarkepri)

Piala Adipura kategori Kota Sedang yang diterima Pemko Tanjungpinang oleh Kementerian LHK RI Tahun 2017. (Foto: Aji/pijarkepri)

“Adipura” dapat diartikan sebagai kota yang memiliki keunggulan dan keutamaan. Adipura merupakan bentuk penghargaan yang diberikan pemerintah kepada walikota / bupati atas prestasi dan kepemimpinan dalam mewujudkan kota yang bersih, hijau, sehat dan berkelanjutan.

Trofi Adipura memiliki makna sebagai berikut :
1. Tiga bidang yang melambangkan kerjasama yang erat antara pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha.

2. Relief Trofi Adipura mengabarkan kehidupan masyarakat Indonesia yang mengutamakan kehidupan nilai luhur gotong-royong dan ramah lingkungan, sehingga terlihat keasrian dan keselarasan keanekaragaman hayati.

3. Plat tahun merupakan tahun diberikannya penghargaan Trofi Adipura kepada kota.

Penulis : Aji Anugraha
Editor : Al-Ashari

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *