Pemprov Kepri Anggarkan 5,2 Miliar Revitalisasi Akau Potong Lembu

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, saat meninjau Akau Potong Lembu, diTanjungpinang, Jumat (13/1)
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, saat meninjau Akau Potong Lembu, diTanjungpinang, Jumat (13/1)

PIJARKEPRI.COM – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menganggarkan Rp 5,2 miliar untuk merevitalisasi Akau Potong Lembu, di Tanjungpinang.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, di Tanjungpinang, Jumat (13/1) mengatakan, anggaran revitalisasi Akau Potong Lembu itu melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dari APBD Tahun Anggaran 2023.

Ansar mengungkapkan revitalisasi Akau Potong Lembu bertujuan untuk mempertegas citra kota Tanjungpinang sebagai kota wisata sejarah dan mempunyai daya tarik wisata kuliner.

“Semua penataan kawasan Akau ini, musti ditata secara komperhensif supaya ketika jadi betul-betul jadi, kalau bicara pariwisata kita musti bicara tempat wisata yang mempunyai daya tarik khusus dari segi kenyamanan dan keindahan,” ujar Gubernur Ansar.

Adapun item yang akan dikerjakan adalah penataan parkir mobil yang bisa menampung hingga 25 kendaraan, ruang ibu menyusui, toilet pria dan wanita yang terpisah, area pendopo, dan levelling beton area plaza dan jalur pedestrian.

Masjid Al-Muhajirin yang masuk dalam kawasan Akau Potong Lembu juga turut dipugar dengan dibangun menjadi dua lantai. Lantai 1 akan diperuntukkan untuk parkir kendaraan roda dua dan lantai 2 sebagai tempat sholat dan Taman Pendidikan Al-Qur’an.

Selain itu, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kepri juga menganggarkan dana Rp 1,4 miliar untuk penataan jaringan dan instalasi listrik di Akau Potong Lembu.

Kabel dan instalasi listrik akan dipindahkan ke dalam tanah untuk menambah kerapian Akau Potong Lembu. Sehingga total dana yang dikucurkan Pemerintah Provinsi Kepri berjumlah total Rp 6,6 miliar.

Sedangkan Pemerintah Kota Tanjungpinang diperkirakan menganggarkan anggaran Rp 3 miliar untuk penataan Akau Potong Lembu.

Gubernur Ansar menyarankan anggaran tersebut digunakan untuk meja dan makan kursi pengunjung, gerobak makanan penjual, dan tenda penutup saat hujan.

“Nanti kita duduk lagi dengan Pemko Tanjungpinang untuk membagi item-item mana yang Pemko Tanjungpinang kerjakan. Jadi kita kerjanya bersama-sama agar hasilnya maksimal,” kata Gubernur Ansar.

Ansar turun langsung ke Akau Potong Lembu untuk melihat kondisi terkini dari salah satu pusat kuliner Tanjungpinang itu.

Dirinya menyisir sudut-sudut Akau Potong Lembu dan memberikan beberapa arahan untuk penataan tempat tersebut.

Ansar pun mengaku akan melibatkan Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk penataan Akau Potong Lembu. Dirinya siap berdiskusi dengan Walikota Tanjungpinang dan jajarannya untuk memberikan rancangan terbaik Akau Potong Lembu.

“Bagi kita, kita pandang ini karena ini ibukota Provinsi Kepri, kita punya pasar besar wisatawan di Lagoi. Jadi nanti kita bisa arahkan wisatawan asing city tour ke Tanjungpinang termasuk wisata kuliner ke Akau,” katanya.

Ansar mengatakan menggandeng Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk terus mempercantik wajah Kota Tanjungpinang sebagai Ibukota Provinsi Kepri.

(ANG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *