3 Sekolah Singkep Dinobatkan Sebagai SRA

Penandatanganan deklarasi oleh Ka.Disdik Lingga Junaidi Adjam.

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Lingga, menobatkan SMA Negeri 1 Singkep, SMP Negeri 1 Singkep dan SD Negeri 009 Singkep sebagai Sekolah Ramah Anak (SRA), Sabtu (22/2/2020).

Penobatan SMA Negeri 1 Singkep sebagai SRA tersebut, ditandai dengan pembacaan naskah Deklarasi SRA oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Singkep dan diikuti oleh seluruh siswa, diruang serba guna SMA Negeri. 1 Singkep.

Plt Kepala Dinsos P3A Kabupaten Lingga, Kisanjaya menyampaikan, SRA merupakan program dari pemerintah pusat, Kabupaten/Kota wajib mendukung program tersebut, karena SRA adalah satu bentuk kepedulian dalam rangka menciptakan sekolah aman, bersih dan anak menjadi senang belajar, karena menciptakan suasana anak lebih nyaman belajar, tanpa tekan dan adil dalam mendidik.

“Dari tahun 2017 sudah 24 SRA di Kabupaten Lingga, dan untuk tahun 2020 sudah ditetapkan 5 SRA yakni, SD Negeri 01 dan SMP Negeri.1 di Daik Lingga, yang telah dinobatkan sebelumnya, dan pada hari ini SD Negeri.009, SMP Negeri.1 dan SMA Negeri.1 di Dabo Singkep, dinobatkan sebagai SRA,” kata Kisanjaya di kegiatan SRA di SMA Negeri.1 Singkep.

Kita menargetkan, lanjut Kisanjaya, 168 sekolah untuk tingkat SD, SMP dan 12 SMA di Kabupaten Lingga kedepan dapat menjadi SRA, untuk itu, peran dinas, sesuai dengan namanya, Dinsos P3A tentu ingin memberi arah, dengan bersama-sama beberapa dinas terkait.

Kisanjaya menjelaskan, dinas yang juga ikut di SRA tersebut, seperti Dinas Pendidikan, Dinas LH, Dinas Perhubungan dan juga dinas lainnya, agar bagaimana anak terlindungi dalam melakukan aktivitasnya selama mereka berada di sekolah.

“Bagaimana mereka merasa aman, nyaman dan merasa layak selama kurang lebih 8 jam berada disekolah, tidak ada kekerasan, pilih kasih dan sebagainya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga, Junaidi Adjam, mengatakan, kami memberikan apresiasi dan penghargaan kepada SMA Negeri.1 yang telah menjadi SRA dan telah membuat prestasi yang gemilang, banyak kegiatan-kegiatan yang memberikan pencerahan kepada kita semua, seperti kesenian, olahraga, keagamaan dan lainnya.

“Perkembangan teknologi, revolusi dan informasi sekarang begitu pesat, telah merambah dari kota sampai kepelosok desa, dengan adanya digitalisasi seluruh kalangan sampaikan ke anak-anak sekolah, kita bisa memperoleh dan mendapatkan berbagai informasi,” paparnya.

Ditempat yang sama, Kepala SMA Negeri.1 Singkep, Hazirun menuturkan, pihaknya bersyukur dapat menjadikan sekolah SMA Negeri.1 Singkep, sebagi sekolah ramah anak, tentunya ini menjadi dorongan bagi para guru dan siswa, untuk menciptakan kenyamanan dilingkungan sekolah.

“Tentunya kita ingin memberikan kenyamanan kepada para siswa, agar mereka lebih nyaman dalam belajar, dengan dinobatkan sebagai sekolah ramah anak tentu ini menjadi pendorong kita bersama, untuk menjadi lebih baik di kedepannya,” tutupnya.

Pantauan Pijarkepri.com dilapangan, usai pembacaan Naskah deklarasi Sekolah Ramah Anak, kegiatan dilanjutkan penandatanganan deklarasi. (Aci)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *