OSN SMP Kepri Sabet Tiga Medali di Tingkat Nasional

Tiga pelajar dari Kepulauan Riau, Vincent R Simanjuntak dari SMPN 5 Tanjungpinang, Diah Ramadhani dari MTS Aqidatunnajin Daik, Lingga dan Melisa Lee dari SMPN 6 Batam peraih mendali OSN SMP 2019 di Yogyakarta. (foto : irfan)

PIJARKEPRI.COM – Tiga peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) Sekolah Memengah Pertama (SMP) tingkat Nasional 2019 asal Kepulauan Riau berhasil menyumbang 2 medali perak dan 1 medali perunggu yang berlangsung di Yogyakarta pada 30 Juni sampai 6 Juli 2019.

Tiga pelajar menengah pertama yang mengharumkan dunia pendidikan Kepulauan Riau yakni, peraih medali perak diperoleh Vincent R Simanjuntak dari (SMPN 5 Tanjungpinang) pada bidang matematika dan Diah Ramadhani dari MTS Aqidatunnajin Daik, Lingga memperoleh medali perak pada bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Sementara satu pelajar asal SMPN 6 Batam, Melisa Lee memperoleh medali perunggu pada bidang Matematika. Ke tiga pelajar peraih mendali OSN SMP 2019 itu sebelumnya mendapatkan pembinaan dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kepulauan Riau selama 5 hari dari 24 Juni sampai 28 Juni 2019.

Kepala LPMP Kepri, Irwan Safii, mengatakan, 11 peserta perwakilan dari Kepri yang mengikuti ajang bergengsi tingkat nasional tersebut, dengan rincian 4 peserta untuk bidang Matematika, 3 peserta untuk bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan 4 peserta untuk bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Ia mengatakan, sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) di daerah, LPMP diberi amanah dan kepercayaan untuk melakukan pembinaan peserta OSN SMP Provinsi dalam persiapan menghadapi lomba di tingkat Nasional.

“Alhamdulillah atas prestasi yang diperoleh anak-anak kita. Ini tahun pertama LPMP Kepri diberikan amanah dan kepercayaan untuk melakukan pembinaan atlit OSN SMP. Hasilnya cukup baik bisa menyumbangkan 3 medali untuk Provinsi Kepri,” pungkasnya.

Lanjut Irwan menambahkan, ia memiliki keyakinan yang besar diperhelatan OSN tahun depan, dimana peserta Kepri bisa menyumbangkan medali emas.

“Hasil OSN tahun ini menjadi bahan evaluasi untuk persiapan OSN tahun depan. Kita siapkan siswa-siswa berprestasi dari setiap kabupaten/kota. Setelah itu kita lakukan pembinaan intensif, bukan dari akademik saja, tapi psikologis juga perlu,” ungkapnya.

Target kita kedepan mendapatkan medali emas ditiap bidang mata pelajaran yang diperlombakan, ungkapnya.

Menurutnya, OSN setiap tahun menjadi kawah candradimuka bagi generasi emas Indonesia. OSN juga menjadi ajang untuk melatih tumbuhnya karakter siswa yang jujur, pekerja keras, menghargai prestasi, tangguh, unggul, dan cinta Tanah Air.

Untuk mendapatkan peserta OSN berkarakter, Eka Kurnia sebagai penanggungjawab kegiatan Pembinaan OSN SMP di LPMP Kepri mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada para pengajar dan semua pihak terlibat dalam mempersiapkan peserta OSN SMP Kepri ke tingkat Nasional.

“Ini kerja keras kita bersama. LPMP berupaya memfasilitasi dengan baik. Peran dewan guru di sekolah, Dinas Pendidikan, orangtua siswa dan Tim Pengajar yang selama 5 hari melakukan pembinaan di LPMP Kepri semua memiliki andil penting melahirkan peserta-peserta OSN berprestasi dari Kepri,” terang Kepala Seksi Sistem Informasi dan Pemetaan Mutu LPMP Kepri. (RLS)

 

ANG

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top