Menteri Perdagangan Imbau SPBU Jangan Main Curang, Jangan Tambah Alat

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan sidak di SPBU Rest Area KM 42 B Tol Jakarta-Cikampek dan menyegel tiga dispenser karena melanggar tertib ukur, Sabtu 23 Maret 2024-Dok. Kemendag
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan sidak di SPBU Rest Area KM 42 B Tol Jakarta-Cikampek dan menyegel tiga dispenser karena melanggar tertib ukur, Sabtu 23 Maret 2024-Dok. Kemendag-

PIJARKEPRI.COM – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengimbau agar seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di seluruh Indonesia jangan main curang, jangan tambah alat.

Imbauan itu disampaikan Zulkifli Hasan, dalam Tiktok Kumparan saat sidak sejumlah SPBU di Jakarta. Dia menemukan satu dari empat SPBU memasang alat tambahan pada alat ukur perhitungan angka di mesin SPBU tersebut.

Bacaan Lainnya

Salahsatu SPBU yang kedapatan memasang alat tambah hitung itu di SPBU Rest Area KM 42B Tol Jakarta – Cikampek.

“Ditemukan adanya tindak pidana meteorologi legal yang terjadi di SPBU, wilayah Kabupaten Kerawangan, Pompa ukur yang ada di SPBU ini, terpasang alat tambahannya, ini gak boleh, ini bisa mempengaruhi hitungan ya, misalnya angkanya 20 tapi bensinnya keluar 15,” kata Zulkifli Hasan.

Mendag Zulifli Hasan mengimbau agar seluruh SPBU di Indonesia untuk tidak berlaku curang dengan memanipulasi penghitungan SPBU, terlebih menjelang lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024.

“Sekali lagi saya mengimbau, meminta seluruh SPBU yang ada, kita akan cek semuanya di seluruh Indonesia, jadi jangan main-main ya, jangan main curang, jangan tambah alat, jangan mengakali konsumen, merugikan konsumen, karena itu pidana, ini di segel tak boleh beroperasi,” pungkasnya.

Sumber : Kumparan
Editor : Aji Anugraha

Pos terkait