Sejumlah Paguyuban Akan Tampil di Museum SSBA Tanjungpinang

Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, di Jalan Ketapang, Kelurahan Kamboja, Kecamatan Tanjungpinang Barat, Tanjungpinang, Selasa (26/7/2022). (Foto: pijarkepri.com)
Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, di Jalan Ketapang, Kelurahan Kamboja, Kecamatan Tanjungpinang Barat, Tanjungpinang, Selasa (26/7/2022). (Foto: pijarkepri.com)

Museum SSBA Tanjungpinang Gelar Pemeran Temporer Alat Musik Tradisional

PIJARKEPRI.COM – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata di Tanjungpinang, Kepulauan Riau menggelar pemeran temporer alat musik tradisional, di Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah (SSBA) selama 5 hari mendatang.

Kepala UPTD Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Disbudpar Tanjungpinang, Ivan Kurniawan, Selasa (26/7/2022) mengatakan, pameran temporer tersebut akan berlangsung mulai 27 Juli 2022 hingga 30 Juli 2022.

“Di pemeran ini kita menampilkan alat musik tradisional suku dari paguyuban-paguyuban yang ada di Kota Tanjungpinang,” kata Ivan.

Alat musik dari paguyuban-paguyuban yang akan ditampilkan di pameran tersebut diantaranya, Pasundan, Jawa Manunggal, Melayu, Minang, Sulawesi Selatan, Tionghoa dan batak.

Selain menampilkan alat musik, paguyuban-paguyuban tersebut akan menampilkan sejumlah atraksi seni, seperti Joget Dangkung, Kuda Kepang, Silat dan Barongsai.

“Sedikitnya ada 6 alat musik tradisional suku dari paguyuban-paguyuban yang akan ditampilkan,” kata Ivan.

Ia mengatakan, pameran tersebut diselenggarakan untuk mengedukasi masyarkat terkhusus pelajar tingkat SD, SMP, SMA.

Menurutnya, pada usia itu tumbuh kembang generasi saat ini banyak yang kurang mengetahui alat-alat musik tradisional dari beragam suku dan budaya yang ada.

“Saat ini kita tergerus dengan kemajuan teknologi, seiring dengan itu pula, maka dengan kegiatan ini kita dapat menimbulkan kembali kesadaran menjaga sejarah dan budaya yang telah ada sejak dahulu,” imbuhnya.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanjungpinang mengajak masyarakat untuk hadir dalam pameran temporer alat musik tradisional, di Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, di Jalan Ketapang, Kelurahan Kamboja, Kecamatan Tanjungpinang Barat, Tanjungpinang.

(ANG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *