Roby Dorong Budidaya Perikanan Bintan

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan, saat panen dan tebar benih ikan Ikan Bawal Bintang bersama Dirjen Perikanan di Desa Pangkil Kabupaten Bintan, Jumat (12/11).
Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan, saat panen dan tebar benih ikan Ikan Bawal Bintang bersama Dirjen Perikanan di Desa Pangkil Kabupaten Bintan, Jumat (12/11).

PIJARKEPRI.COM – Pelaksana tugas Bupati Bintan Roby Kurniawan mendorong pengembangan budidaya perikanan di bintan. Salah satu ikan yang memiliki nilai jual tinggi adalah Bawal Bintang.

“Kita tentunya mendorong pembudidaya untuk mengembangkan berbagai komoditas ikan laut, salah satunya adalah Bawal Bintang,” kata Roby, saat panen dan tebar benih ikan Ikan Bawal Bintang bersama Dirjen Perikanan di Desa Pangkil Kabupaten Bintan, Jumat (12/11)

Menurut Roby, peluang peningkatan ekonomi dari sektor perikanan Bintan masih menjanjikan. Pemkab Bintan mendukung agar potensi besar perikanan bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Budidaya ikan Bawal Bintang dikenal dengan merek dagang ‘silver pompano’ yang telah berkembang di Tanah Air. Namun, kewenangan Pemerintah Kabupaten untuk mengembangkan budidaya perikanan sangat minim dan terbatas.

“Tentu meskipun pemerintah daerah memiliki kewenangan terbatas namun kita mendorong agar pemerintah provinsi bersama-sama untuk membentuk tim bersama Dirjen Perikanan Budidaya guna membahas bagaimana pengelolaan perikanan di Provinsi Kepri ke depan,” ujarnya.

Kendati kewenangan daerah dalam pengelolaan sektor perikanan mulai dibatasi karena lebih banyak berada di Pemerintah Provinsi Kepri, namun menurutnya daerah tentunya harus mampu menyiasati dan memaksimalkan peluang yang ada.

“Salah satu langkah yang dilakukan dalam memaksimalkan peluang ini adalah dengan mendorong peningkatan budidaya perikanan,” ujarnya.

Roby menjelaskan teknologi budidaya Bawal Bintang sudah dikuasai dengan tingkat produksi yang cukup tinggi. Peluang pasar ikan Bawal Bintang juga dirasa cukup besar baik di pasar lokal maupun ekspor.

Menurut Roby pengembangan usaha budidaya Bawal Bintang masih terbuka untuk berbagai skala usaha.

“Kita harus memaksimalkan peluang-peluang usaha yang ada,” pungkasnya. (ADV/HUM/PUS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *