Lingga  

Nizar Prioritas’kan Sapras Pulau Berhala dan Pulau Lalang

Wabup Lingga Muhammad Nizar saat mengunjungi Pulau Lalang. (Foto Humas Pemkab Lingga).
Wabup Lingga Muhammad Nizar saat mengunjungi Pulau Lalang. (Foto Humas Pemkab Lingga).

PIJARKEPRI.COM – Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar menyebutkan beberapa prioritas pembangunan Sarana dan Prasarana (Sapras) saat dia mengunjungi Dusun Pulau Lalang, Desa Berhala, Kecamatan Singkep Selatan, Lingga, Kepri.

Nizar dalam pertemuan bersama masyarakat dan perangkat Kecamatan Singkep Selatan, menyampaikan terkait jaringan telekomunikasi, dermaga dan pemekaran Pulau Berhala dengan Pulau Lalang.

“Ada kerja besar yang jarus dituntaska di Singkep Selatan di tahun 2020 ini, yakni, Pulau Berhala menjadi Kelurahan Berlian, pembangunan dermaga dan jaringan sinyal Hand Phone, Insya Allah di tahun 2021 akan ditunaikan,” kata Wakil Bupati Lingga di Pulau Lalang, Senin (27/7/2020).

Pelabuhan tersebut, jelas Nizar, menjadi salah satu prioritas Pemerintah daerah, dikarenakan selain untuk pemerataan pembangunan, juga untuk akses laut kapal bongkar muat barang, yang secara tidak langsung akan berdampak pada pertumbuhan sektor ekonomi masyarakat Kabupaten Lingga, khusunya masyarakat di Singkep Selatan ini.

Nizar melanjutkan, saat ini Pemerintah daerah bersama DPRD Kabupaten Lingga, sedang melakukan upaya terkait pembentukan Pulau Berhala menjadi Kelurahan, maka kedepan jika Pulau Berhala telah menjadi kelurahan maka Pulau Lalang akan menjadi desa.

“Saya sudah ke lokasi jembatan itu, panjangnya kurang lebih 150 meter, dan akan menelan anggaran sekitar 2 miliar, saya telah koordinasi dengan Dishub, tahun 2021 pengerjaan nya akan dilaksanakan, nantinya Pulau Berhala akan diberi nama Kelurahan Berlian, mohon doa nya agar apa yang dilakukan berjalan dengan lancar, dan Pulau Lalang nantinya menjadi desa sendiri, terpisah dari Pulau Berhala jika telah menjadi Kelurahan Berlian,” terangnya.

Terkait jaringan komunikasi, tambah Nizar, jangkauan sinyalnya memang tidak mencakup seluruh wilayah di Pulau Lalang, nantinya akan dibangun tower di Resang jika nantinya jaringannya tidak juga mencakup sampai ke wilayah Dusun Pulau Lalang, akan dipasang alat bantu penguat sinyal atau Repeater.

“Kalau berada di dermaga yang akan dibangun sinyalnya bagus, namun dibeberapa tempat lainnya di Pulau Lalang, tidak mendapatkan sinyal hand phone, jadi akan bangun tower besar di Resang, seharusnya jangkauan sinyal dari tower tersebut menjangkau ke Pulau Lalang, namun jika tidak terjangkau maka akan dipasang penguat sinyal di Pulau Lalang ini,” imbuhnya.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Kaban Kesbangpol Lingga, Kominfo Lingga, Kepala Dinas Perhubungan, Camat Singkep Selatan dan masyarakat Dusun Pulau Lalang.

(Aci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *