Nizar Menyerahkan BLT APBD untuk Singkep Barat

Penyaluran BLT APBD di Kecamatan Singkep Barat. (Foto Humas Pemkab Lingga).

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar menyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana APBD Kabupaten Lingga melalui Bantuan Tidak Terduga (BTT), kepada empat Desa di Kecamatan Singkep Barat, Kamis (22/5/2020).

Adapun empat Desa di Kecamatan Singkep Barat tersebut yakni, Desa Sungai Buluh, Desa Bukit Belah, Desa Sungai Raya dan Desa Bakong. Nizar menyerahkan bantuan itu secara simbolis.

Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar mengatakan, saat ini semua dihadapkan dengan permasalahan Covid-19. Kegelisahan dan rasa cemas masyarakat dan tidak tahu kapan akan berakhirnya.

Hari ini Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten sampai Pemerintah Desa, kita terus bergerak cepat untuk memberikan bantuan-bantuan kepada masyarakat yang terdampak, baik berupa bantuan uang, bantuan sembako, bantuan bazar murah bahan pokok, dan berbagai bantuan lainnya.

“Berbagai bantuan itu, memang harus kita lakukan pengawasan bersama, untuk itu, kami turun kelapangan guna melihat langsung pembagiannya, agar dapat disalurkan kepada yang berhak menerima dan tepat sasaran,” kata Nizar dalam sambutannya saat secara simbolis, BLT Dana APBD melalui Bantuan Tidak Terduga (BTT).

Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga, jelas Wabup Lingga, bersama sama DPRD Kabupaten Lingga telah mengalokasikan anggaran Bantuan Tidak terduga (BTT), dari dana APBD Kabupaten Lingga, khusus penanganan dampak Covid-19 untuk mengcover BLT dana Desa, dengan alokasi anggaran Rp.12 sampai dengan Rp.18 Milyar.

Ia menuturkan, bagi masyarakat yang pendataannya tercecer harus di bantu oleh Pemerintah Daerah. Pemerintah Lingga mulai mendistribusikan bantuan tersebut diluar dari pada sembako murah, dana jaring pengaman sosial dan diluar dari pada alat-alat kesehatan dalam rangka penanganan Covid-19.

Nizar mengutarakan, penyaluran dana bantuan berkaitan dengan Covid-19 agar dapat diserahkan kepada masyarakat yang betul-betul memerlukan. Pendistribusian bantuan disesuaikan dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan.

Ia berharap semoga bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik, dan digunakan sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhan.

“Semoga wabah corona ini cepat berakhir, semoga wabah Corona tidak sampai di kampung kita dan daerah kita,” terangnya.

Sementara itu, Camat Singkep Barat, Febrizal Taupik menyampaikan, upaya pendistribusian bantuan sudah dilakukan kecamatan dimulai dari pendataan, verifikasi data dan berbagai rapat pertemuan.

Dia bersyukur hingga bantuan dari Pemkab Lingga melalui APBD Kabupaten Lingga yang bersumber dari Dana Bantuan Tidak Terduga (BTT) dapat disaluran kepada masyarakat yang tidak terdata dari BLT DD, dengan nominal yang sama seperti Bantuan BLT Dana Desa yaitu Rp600.000 ribu, per bulannya yang akan dibagikan secara bertahap selama 3 bulan.

“Berbagai bantuan bantuan yang ada di Kabupaten Lingga ini, baik itu Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Langsung Tunai (BLT), bantuan sembako dan berbagai bantuan lainnya,” papar Febrizal Taufik.

Katanya lagi, mengenai berbagai macam bantuan ini, saya memang agak sedikit keras kepada seluruh Kades, kepada seluruh perangkat- perangkat yang ada, saya selalu menekankan kepada Kades dan perangkatnya, mari kita berbuat disini, lakukan pendataan sebaik mungkin sesuai dengan kriteria yang memang benar-benar berhak mendapatkan, sehingga tidak ada lagi yang tercecer.

“Kecamatan Singkep Barat jumlah masyarakat Penerima Bantuan Tidak Terduga (BTT), yang bersumber dari APBD Kabupaten Lingga, sebanyak 1.328 Kepala Keluargt, Terima kasih kepada Pemerintah Daerah kabupaten Lingga yang telah menyalurkan bantuannya,” tutupnya.

Adapun jumlah warga masyarakat penerima bantuan tiap desa di Kecamatan Singkep Barat ;

1. Desa Sungai Buluh, penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) 2 KK, penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT DD) 138 KK, dan penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari APBD Kabupaten melalui Bantuan Tidak Terduga (BTT) 235 KK, dengan total 375 KK.

2. Desa Bukit Belah, penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) 2 KK, penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT DD) 72 KK, penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari APBD Kabupaten melalui Bantuan Tidak Terduga (BTT) 24 KK, dengan total 98 KK.

3. Desa Sungai Raya, penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) 15 KK, penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT DD) 134 KK, penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari APBD Kabupaten melalui Bantuan Tidak Terduga (BTT) 155 KK, dengan total = 304 KK.

4. Desa Bakong, penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) 35 KK, penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT DD) 87 KK, penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari APBD Kabupaten melalui Bantuan Tidak Terduga (BTT) 166 KK, dengan total 288 KK.

Kegiatan tersebut dihadiri, Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Lingga, Salmizi, Camat Singkep Barat, Febrizal Taupik, Kepala Desa Sei Buluh, Kepala Desa Bukit Belah, Kepala Desa Sungai Raya, Kepala Desa Bakong, Kasubag Humas Pemkab Lingga Fikrizal, Personil Satpol PP Kabupaten Lingga, Babinsa dan Babinkamtibmas, Masyarakat Penerima Bantuan BLT yang bersumber dari Dana APBD Kabupaten Lingga melalui Bantuan Tidak Terduga (BTT). (Rls/Aci)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *