Desa Batu Kacang Salurkan BLT DD Tahap Pertama

Pendistribusian BLT Dana Desa Batu Kacang Tahap Pertama, di Lingga, Kepri.

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Desa Batu Kacang, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Kepri, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), terhadap warga nya di Gedung Tuah Mufakat, Selasa (19/5/2020).

Mewakili Camat Singkep, Kepala Seksi (Kasi) Kesejahteraan sosial (Kesos) Kecamatan Singkep, Al Guzamid mengatakan, mudah- mudahan bantuan yang di dapat oleh bapak dan ibu, dapat digunakan untuk keperluan kebutuhan bahan pokok ditengah pandemi Copid-19 ini.

“Pergunakan uang ini dengan sebaik-baiknya untuk membeli bahan pokok kebutuhan sehari-hari, karena BLT DD ini disalurkan untuk membantu warga yang terdampak Covid-19,” kata Al Guzamid menyampaikan kepada penerima BLT DD di Gedung Tuah Mufakat, Desa Batu Kacang, Selasa (19/5/2920) pagi.

Sementara itu, Tenaga Ahli Bidang Pengembangan Ekonomi Desa, Kabupaten Lingga, Ahmad Syukani menyampaikan, kegiatan BLT DD ini, didasari dari pada Permendes No 6 Tahun 2020, dan BLT DD ini murni dari Dana Desa.

Ahmad Syukani melanjutkan, sesuali dengan edaran Bupati Lingga, untuk penyaluran dana ini kita mulai di bulan Mei, yang seharusnya pada Minggu kedua di bulan Mei sudah disalurkan untuk tahap 1 untuk penyaluran bulan April, dan untuk penyaluran bulan Mei, paling lambat penyalurannya pada Minggu ke empat, dan untuk tahap ke tiga secepat akan disalurkan pada Minggu kedua pada bulan Juni.

“Penerimaan BLT DD ini sebesar Rp600 ribu, untuk setiap tahapnya, sehingga totol untuk tiga bulan sebesar Rp1,800 ribu, jadi kami himbau kepada bapak dan ibuk penerima BLT DD ini, hingga saat ini bantuan hanya diberikan untuk 3 bulan, apakah bantuan ini akan berlanjut tergantung dari penanganan Covid-19, mudah-mudahan wabah corona ini cepat selesai, sehingga kita dapat melakukan aktifitas seperti biasa,” terangnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Batu Kacang, Suharkopeni menjelaskan, hari ini kami melaksanakan pembagian BLT DD kepada 109 warga tiga Dusun di Desa Batu Kacang, yang pembagiannya kami bagi dua tahap, untuk Dusun 1 dan 2 kami bagikan pada pagi dan untuk Dusun 3 pada siangnya, mudah-mudahan semuanya dapat berjalan dengan baik.

“Meski agak terlambat dalam penyalurannya, hal ini karena semua nya perlu proses, seperti pendataan dan pengajuan, sehingga sampailah ketangan bapak dan ibu sebagai penerima,” paparnya.

Dikatakan, saya mengucapkan terima kasih kepada relawan-relawan Covid-19 Desa Batu Kacang yang terdiri dari 52 orang, dan terkhusus kepada pak RT/RW yang telah mengurus wilayah masing-masing untuk melakukan pendataan, dan Alhamdulillah dalam melakukan pendataan itu dilakukan dari pintu ke pintu, sehingga data yang kita terima akurat.

Kata Suharkopeni lagi, semuanya membutuhkan proses hungga kepada penerima, karena dari warga kita ada juga yang menerima BST dari Kemensos, dan penerima BLT DD, jadi bagi yang belum menerima bantuan dari BST Kemensos dan BLT DD, mudah-mudahan akan meneriam bantuan dari lainnya, karena kita masih ada bantuan lain yakni, bantuan dari Pemerintah Kabupaten.

“Kepada penerima BLT DD ini, kita telah menyiapkan surat pernyataan, pergunakan lah uang yang diterima ini untuk membeli kebutuhan bahan pokok, jangan membeli barang-barang yang lain yang bukan kebutuhan, karena sebentar lagi kita sudah lebaran,” imbuhnya. (Aci)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *