Pelaksanaan Pelatihan BLK Padang Diundur

Rini, Kasi Pelatihan, Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perindustrian Kabupaten Lingga.

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Pelaksanaan pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Padang yang direncanakan pada bulan Mei 2020, dan seleksi akan berlangsung dilaksanakan oleh Tim dari BLK Padang pada April 2020 diundur.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perindustrian Kabupaten Lingga, Aang Abu Bakar, melalui Kasi Pelatihan, Rini, di Lingga, Selasa (7/4/2020) mengatakan, mundurnya jadwal pelaksanaan pelatihan tersebut dikarenakan Bloking Area di Kabupaten Lingga akibat wabah Covid-19.

Ia mengatakan, pengunduran waktu pelaksanan pelatihan juga dikarenakan seluruh kegiatan di wilayah kerja Pemerintah Padang sementara dihentikan dulu dan akan dijadwal ulang.

“Kita belum mengetahui jadwal ulang untuk kegiatan pelatihan tersebut, jika masalah Covid-19 selesai, kemungkinan besar kegiatan akan dilakukan setelah lebaran biar aman, mereka datang kesini aman dan peserta kita yang akan ikut pelatihan disana juga aman,” kata Rini saat ditemui Pijarkepri.com diruang kerjanya.

Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perindustrian Kabupaten Lingga mengirimkan 12 orang untuk mengikuti pelatihan di BLK Padang. 4 peserta akan mengikuti pelatihan tata kecantikan kulit dan rambut, 4 orang mengikuti Perawatan AC Split, dan 4 orang mengikuti pelatihan juru ukur.

Rini menjelaskan, sebelumnya sebanyak 12 peserta tersebut di seleksi terlebih dahulu oleh BLK Padang, di Lingga. Para peserta merupakan usia 15 tahun dan maksimal tidak dibatasi, namun diutamakan usia produktif, serta diprioritaskan bagi mereka yang putus sekolah.

“Untuk pendidikan para peserta juga tidak ditentukan, apakah tamat SD, SMP atau SMA, bahkan yang tidak tamat sekolah juga boleh, selagi bisa membaca dan menulis,” ujarnya.

Menurutnya, mengutamakan peserta yang putus sekolah atau tidak tamat sekolah mengikuti pelatihan tersebut agar kedepan mereka mempunyai bekal untuk mencari kerja atau memulai usaha sendiri. Para peserta tidak dipungut biaya apa pun untuk mengikuti pelatihan di BLK Padang.

“Jadi biaya transportasi dari Lingga ke Padang pulang pergi semua ditanggung oleh BLK Padang, namun berapa lama pelatihannya tergantung dari jam pelajarannya, ada yang satu bulan tapi ada juga yang lebih dari satu bulan, meski kegiatan ini pelaksanaannya diundur, namun sampai saat ini kami masih menerima bagi yang ingin mendaftar sebagai peserta BLK Padang,” tutupnya. (Aci)

Adapun Persyaratan untuk bisa ikut pelatihan di BLK Padang ini adalah ;

1. Laki-laki/ Perempuan.
2. Foto Copy KTP/KK 2 lembar.
3. Foto Copy ljazah terakhir 2 lembar. 4. Surat Kesehatan Sehat dari Puskesmas terdekat.
5. Usia minimal 15 Tahun.
6. Pas Photo Berwarna Ukuran 3×4 6 lembar (latar belakang merah, kemeja putih, dan berdasi hitarm) diutamakan bagi yang belum pernah mengikuti Pelatihan yang diselenggarakan oleh BLK.

Editor : Redaksi

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *