Empat Narapidana Lapas Dabo Singkep Bebas Bersyarat

Empat narapidan Lapas Dabo Singkep mendapat Asimilasi mandiri.

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Empat narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Dabo Singkep, mendapatkan SK asimilasi mandiri dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19.

Kepala Lapas Kelas III Dabo Singkep, Dewanto mengatakan, warga binaan pemasyarakatan yang mendapatkan SK asimilasi tersebut, dinyatakan bebas namun dengan syarat menjalani pembinaan sendiri dirumah masing-masing.

Selama mereka menjalani asimilasi mandiri, jelas Dewanto, mereka akan di awasi atau dipantau oleh Badan Pemasyarakatan (Bapas), untuk pengawasannya akan dilakukan oleh balai pemasyarakatan, karena disini pos Bapas dari balai pemasyarakatan Tanjungpinang.

“Hari ini kita mengeluarkan untuk asimilasi 4 orang napi, dimana mereka akan menjalani pembinaan sendiri di rumah, sambil menunggu SK pembebasan bersyarat,” kata Dewanto, kepada awak media, Kamis (2/4/2020).

Pengeluaran dan pembebasan napi tersebut, lanjut Dewanto, melalui asimilasi dan integritas dilakukan untuk mengurangi jumlah warga binaan yang berada di dalam lapas Dabo Singkep, dan asimilasi tersebut dilaksanakan dirumah dan mereka tidak boleh keluar dalam rangka isolasi mandiri, jika ada yang kedapatan akan diberikan peringatan dan kemungkinan bisa di masukkan kembali.

“Asimilasi ini dalam rangka mengurangi tingkat hunian di dalam lapas yang padat, karena semua diwilayah Indonesia rata-rata over kapasitas, maka perlu dilakukan langkah cepat sebagai upaya penyelamatan terhadap tahanan dan WBP yang ada di lapas, dan kita berharap mereka tetap berada dirumah berkumpul bersama keluarga dan tidak keluar untuk antisipasi penyebaran Covid-19,” imbuhnya. (Aci)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *