Syahrul Beri Semangat-Motivasi kepada Peserta Ujian SKD CPNS

Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd saat memberi pengarahan, semangat dan motivasi sekaligus membuka acara pelaksanaan ujian Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) penerimaan CPNS Formasi Tahun 2020 yang dilaksanakan di Lantai 5 Gedung BKPSDM Kota Tanjungpinang, Rabu, (19/2). (Foto: Hms)

PIJARKEPRI.COM Tanjungpinang – Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd memberi pengarahan, semangat dan motivasi kepada peserta sekaligus membuka acara pelaksanaan ujian Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) penerimaan CPNS Formasi Tahun 2020 yang dilaksanakan di Lantai 5 Gedung BKPSDM Kota Tanjungpinang, Rabu, (19/2).

Dalam pengarahannya Syahrul mengatakan Pemerintah Kota Tanjungpinang dalam pelaksanaan SKD CPNS sepenuhnya telah menggunakan sistem Computer Asisment Test (CAT). Standar kelulusan untuk tes SKD mengacu kepada Passing grade yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk lulus tes SKD. Maka peserta harus lulus passing grade dari tiga bagian soal yang telah ditetapkan baik TKP, TIU dan TWK.

“Pelaksanaan SKD CPNS dengan sistem CAT ini telah menciptakan sebuah proses seleksi yang transparan dan objektif, nanti hasilnya akan langsung ditampilkan sesudah saudara menyelesaikan ujian CAT, anda akan langsung tahu apakah anda lulus atau tidak, sehingga tidak sedikit pun potensi kecurangan yang dapat dilakukan oleh pihak-pihak tertentu,” ungkap Syahrul.

Syahrul juga berpesan kepada seluruh peserta terkhusus kepada orang tua, agar tidak tergiur dengan pihak tertentu, yang menawarkan jasa bisa meloloskan menjadi CPNS, dan meminta sejumlah uang.

“Ayah (sapaan akrab Walikota) tegaskan itu tidak ada dan jangan sekalipun percaya dan memberikan sejumlah uang kepada pihak yang menjanjikan bisa meloloskan peserta hingga menjadi CPNS, ayah berpesan, agar kerjakanlah soal soal yang diberikan ini dengan baik, fokus dan jangan lupa berdoa, jika memang ada rezeki untuk menjadi CPNS, insha Allah akan dimudahkan oleh Allah Subhanawata’ala,” pesan Syahrul.

Sementara itu Kepala BKPSDM Kota Tanjungpinang, Samsudi, S. Sos, MH mengutarakan seleksi CPNS ini dilaksanakan selama empat hari mulai dari 19 s/d 22 Februari 2020. Adapun peserta sebanyak 1.874 dari jumlah pendaftar 2.113 orang dan 239 orang tidak memenuhi syarat.

“Peserta di bagi dalam 5 sesi setiap harinya, terkecuali hari jumat hanya 4 sesi, setiap sesi diikuti oleh 100 orang peserta, waktu yang diberikan setiap sesi hanya 90 menit, dengan materi tentang TWK, TIU dan TKP, dari jumlah peserta 1.874 ini, nantinya akan memperebutkan sebanyak 116 formasi,” ujar Samsudi.

Untuk Passing Grade CPNS, Ketentuan mengenai nilai ambang batas atau passing grade dalam SKD CPNS 2020, sebagaimana diatur dalam Pasal 3 Permenpan-RB Nomor 24 Tahun 2019 adalah sebagai berikut : Nilai ambang batas Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 126, Nilai ambang batas Tes Intelegensia Umum (TIU) 80, Nilai ambang batas Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 65.

Walikota juga didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Teguh Ahmad Syafari, Asisten Ekonomi Pembangunan, H. Irwan, S.Sos, MM dan Kepala BKPSDM Kota Tanjungpinang, Samsudi, S.Sos, MH. (RLS/ANG)

Pos terkait