154 Peserta Ikuti MTQ ke-VIII Tingkat Kecamatan Singkep

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Sebanyak 154 peserta mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-VIII tingkat Kecamatan Singkep 2020, yang dilaksanakan di Gedung Nasional Dabo Singkep, Selasa (11/2/2020) malam.

154 peserta MTQ ke-VIII tingkat Kecamatan Singkep 2020 tersebut terdiri dari putra dan putri, antara lain, Kelurahan Dabo 24 peserta, Kelurahan Dabo Lama 26 peserta, Kelurahan Sungai Lumpur 28 peserta, Desa Tanjung Harapan 28 peserta, Desa Batu Berdaun 20 peserta dan Desa Batu Kacang 28 peserta.

Plt. Camat Singkep, Agustiar dalam sambutannya mengatakan, MTQ merupakan kegiatan yang sangat bermafaat dan berdampak cukup besar bagi masyarakat, karena bisa memberikan motifasi bagi masyarakat.

Menurutnya pelaksanan MTQ tersebut dapat menimbulkan cinta Al Qur’an pada generasi muda juga bagi seluruh masyarakat, khususnya peserta yang akan bertanding untuk menjadi yang terbaik di tiap-tiap cabang yang diperlombakan.

“Tentunya semua ini tidak terlepas dari peran Pemerintah Kabupaten Lingga, yang mendorong pendanaan untuk pembangunan, dan ini terbukti dengan terlaksananya MTQ di Kecamatan Singkep ini,” kata Agustiar saat membuka secara resmi MTQ ke-VIII tingkat Kecamatan Singkep tahun 2020, yang di Gedung Nasional Dabo Singkep.

Sementara itu, Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar yang hadir pada kesempatan tersebut mengatakan, seperti diketahui bersama bahwa Kecamatan Singkep adalah tempatnya Qori dan Qoriah, Hafiz dan Hafizah yang tentu harus menyiapkan diri dengan baik dan matang, sehingga mulai dari pembukaan tersebut hingga penutupan berjalan dengan baik dan aman.

Seperti yang kita tau, jelas Nizar, bahwa majelis-majelis ilmu seperti ini, bukan hanya di Masjid-Masjid namun juga seperti ditempat ini dengan kita berkumpul mengagung Allah, kita akan mendapat syafaat darinya, saya juga menyampaikan bahwa Al Quran itu, adalah kebutuhan mutlak bagi umat manusia.

“Jika kita membaca Al Quran ini dengan mengeluarkan seluruh instrumen dari dalam diri kita, Insya Allah akan ada tali batin yang tersentuh, dan juga ada kekuatan yang menyentuh yang tak bisa ditandingi,” terang Nizar.

Nizar melanjutkan, dirinya mengutarakan apresiasi dan selamat kepada Camat Singkep juga pada segenap panitia yang telah berkerjasama menyiapkan pelaksanaa MTQ ke-VIII tingkat Kecamatan Singkep ini.

Menurutnya, Al Quran adalah sumber inspiratif dan sumber dari segala ilmu, kemudian Al Quran itu juga memunculkan akhlak, olehkarena itu, dia berpendapat, seluruh dunia termasuk Indonesia, mengaktualisasikan Al Quran, dengan mengelar MTQ setiap tahunnya.

“Hal ini agar kita menjadikan Al Quran, untuk diamalkan agar Al Quran menjadi pegangan hidup dunia akhirat,” imbuhnya.

Dalam MTQ ke VIII yg tingkat Kecamatan Singkep 2020, lantunan kalam ilahi dibacakan oleh Marathusolihah Nizar,i Wakil Bupati Lingga.

(Aci)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *