Dispora Resmi Buka Pendidikan dan Pelatihan Dasar Kepemimpinan Capaska Tanjungpinang 2019

Kepala Dinas kepemudaan dan olahraga Tanjungpinang, Djasman saat membuka Pendidikan dan Pelatihan Dasar Kepemimpinan Capaska Tanjungpinang 2019, di Comforta Hotel, Tanjungpinang, Rabu 31/7/2019. (Foto: pijarkepri.com)

PIJARKEPRI.COM, Tanjungpinang – Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Tanjungpinang secara resmi membuka pendidikan dan pelatihan dasar kepemimpinan Calon Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) Kota Tanjungpinang 2019, di Comforta Hotel, Rabu, 31 Juli 2019.

Kegiatan ini dibuka secara resmi Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul melalui Asisten 2 Ekonomi Pembangunan Pemerintah Kota Tanjungpinang, Irwan. Dimulai dengan pembayaan ayat suci Al-Qur’an kemudian dilanjutkan dengan upacara pembukaan pendidikan dan pelatihan dasar kepemimpinan Capaska 2019.

Sebanyak 34 peserta dari perwakilan siswa dan siswi sekolah menengah atas sederajat di Tanjungpinang yang lolos seleksi tersebut mengikuti pendidikan dan pelatihan dasar kepemimpinan Capaska 2019.

Asisten 2 Ekonomi Pembangunan Pemerintah Kota Tanjungpinang, Irwan mengatakan, besar harapan Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk tugas yang diberikan kepada 34 Capaska untuk menjalankan tugas dengan baik. Begitu juga untuk para pelatih Capaska diharapkan dapat bertugas dengan semaksimal mungkin.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim kegiatan pendidikan dan pelatihan dasar kepemimpinan bagi calon anggota pasukan pengibar bendera pusaka atau paskibraka kota Tanjungpinang tahun 2019 dengan ini resmi dibuka,” ungkapnya.

Forkompinda Tanjungpinang saat mengikuti prosesi pembukan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Kepemimpinan Capaska Tanjungpinang 2019, di Comforta Hotel, Tanjungpinang, Rabu 31/7/2019. (Foto: pijarkepri.com)

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Tanjungpinang, Djasman yang sekaligus penanggungjawab kegiatan tersebut mengatakan, pendidikan dan pelatihan dasar kepemimpinan Capaska 2019 Tanjungpinang digelar 18 hari, terhitung sejak tanggal 31 Juli sampai dengan 18 Agustus 2019.

Ia mengatakan, materi pendidikan dan pelatihan paskibraka tahun 2019 tersebut secara umum meliputi tentang, kepemimpinan pemuda, kedisiplinan, keterampilan baris-berbaris, kerohanian dan tanggung jawab warga negara.

Ia menjelaskan, selama pelaksanaan pendidikan pelatihan paskibraka 2019 Tanjungpinang berlangsung para peserta akan mendapat materi pembelajaran dari pelatih dan narasumber.

“Materi pembelajaran dan pelatihan akan diberikan oleh pelatih dari Polres Tanjungpinang, TNI AU, AL dan AD dan Satpol PP Kota Tanjungpinang,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, penyelenggaraan kegiatan pasukan pengibar bendera pusaka diatur dalam Peraturan Menteri Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia Nomor 065 tahun 2015 dan Peraturan Daerah Kota Tanjungpinang Nomor 6 Tahun 2018 tentang APBD Tanjungpinang Tahun Anggaran 2019.

“Maksud dari kegiatan ini adalah mewujudkan kader-kader patriot pembela negara dan bangsa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta cita-cita proklamasi 17 Agustus 1945,” ungkapnya.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah mengembangkan sikap disiplin dan tata tertib, membentuk kader-kader Patriot tangguh, memupuk rasa semangat kebangsaan dan cinta tanah air,” tambahnya.

Dalam pembukaan pendidikan dan pelatihan dasar kepemimpinan Capaska 2019 Tanjungpinang tersebut dikuatkan dengan pembacaan ikrar Paskibraka.

Pewarta : Irwansyah
Editor : Aji Anugraha

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *