Dinkes Lingga ‘Cek’ Penjualan Takjil Selama Puasa

Dinkes PPKB Lingga saat memeriksa kelayakan makanan dan minuman (Takjil) di Lingga. (f-aci)

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Dinas Kesehatan-Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kabupaten Lingga, melalui Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga (Kesling Kejaor) di dampingi PKM Pacur dan Forum Kabupaten Kota Sehat (FKKS ) Lingga, melaksanakan pengecekan takjil di Kecamatan Senayang, Jum’at (10/5/2019).

Kepala bidang (Kabid) Promkes Dinkes PPKB Lingga, Wahyudi Ekaputra mengatakan, pengecekan takjil yang dijual pedagang disaat bulan puasa, merupakan kegiatan yang rutin dilakukan Dinkes PPKB Lingga. Sebelumnya petugas telah melakukan pengecekan takjil di Kelurahan Pancur, Kecamatan Lingga Utara.

“Selain melakukan pemeriksaan takjil, kita juga akan melakukan pengawasan dan pembinaan ditempat pengolahan makanan dan minuman,” kata Wahyudi belum lama ini.

Baca Juga : Takjil Tanjungpinang Aman dari Bahan Berbahaya

Wahyudi menjelaskan, kegiatan pemeriksaan makanan dan minuman (Takjil,red) dengan tujuan agar makanan yang di beli masyarakat untuk berbuka puasa aman dan bebas dari penggunaan yang berbahaya.

“Kita tidak ingin penjual menggunakan bahan pewarna yang bukan untuk makanan, untuk itu, kita akan terus mengantisipasinya selama puasa,” terangnya.

Sementara itu Kasi Penyehatan Lingkungan (PL) Dinkes PPKB Lingga, Sri Dewi menyampaikan, makanan yang diambil dari pasar setelah di periksa dinyatakan aman dan layak dikonsumsi oleh masyarakat.

“Pemeriksaan makanan takjil selama puasa, akan terus berlanjut pada beberapa pasar di Kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga,” imbuhnya.

Pada pemeriksaan makanan takjil itu, Dinkes PPKB Lingga mengambil beberapa jenis takjil untuk di uji, apakah ada menggunakan bahan berbahaya untuk di kosumsi. (ACI)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top