Lingga Target 2025 Bebas Sampah

Kabid kebersihan DLH Lingga, Jhony saat menyampaikan materi saat sosialisasi calon kader peduli lingkungan. (Aci)
Kabid kebersihan DLH Lingga, Jhony saat menyampaikan materi saat sosialisasi calon kader peduli lingkungan. (F.aci)

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Pemerintah Lingga menargetkan 2025 daerah itu bebas dari sampah melalui program 3R yang tengah di gadang-gadangkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat.

Usaha Lingga agar bersih dari sampah dimulai DLH melalui pemahaman mengelola sampah dengan sosialisasi calon kader peduli lingkungan dalam penerapan sistem 3R berbasis masyarakat menuju Kabupaten Lingga Bebas Sampah tahun 2025, di Gedung Nasional Dabo Singkep, Jum’at (30/11/2018).

Kepala bidang (Kabin) Kebersihan DLH Lingga Jhony mengatakan, 3R yakni, Reuse (Menggunakan kembali), Reduce (Mengurangi) dan Recycle (Daur ulang).

Menurutnya, sampah organik atau pun non organik dapat di daur ulang. Dengan sampah pula kita dapat menambah pendapatan keluarga.

“Untuk itu saya berharap kepada yang hadir di sosialisasi ini, dapat menyampaikan ke warganya untuk memanfaatkan sampah ini,” katanya.

Jhony mengungkapkan, saat ini, sampah yang berada di Lingga merupakan sampah yang dihasilkan dari rumah tangga. Dia menghimbau agar masyarakat dapat mengelola sampah tersebut, sehingga menghasilkan dari sampah ini.

“Memang yang menjadi kendaraannya untuk mengangkut sampah tersebut, karena kita berusaha memiliki satu amrol,” terangnya.

DLH Lingga melibatkan Kepala desa, perangkat desa/kelurahan dan RW, untuk mengajak warganya peduli lingkungan. Hal ini dikarenakan perangkat pemerintah tersebut memiliki peranan yang sangat besar.

“Saya berharap dengan adanya sosialisasi ini kedepan seluruh masyarakat Lingga akan lebih peduli lagi terhadap lingkungannya masing-masing,” imbuhnya.

(ACI)

Editor : Aji Anugraha

Pos terkait