Warga Desa Suak Buaya Minta SMP Kelas Jauh

Anggota DPRD Lingga, Abdul Gani Atan Leman saat menjaring aspirasi di Desa Suak Buaya, Lingga. (f-aci)

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Warga Desa Suak Buaya, Kecamatan Kepulauan Posek, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau mengharapkan pemerintah setempat membangun Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas jauh di desa mereka.

Kepala Dusun Desa Suak Buaya, Yakob, di Lingga, Minggu (14/10) menyampaikan, keinginan penduduk Suak Buaya adanya SMP kelas jauh tersebut, mengingat jarak tempuh menuju ke SMP yang saat ini ditempati pendudk Suak Buaya sangat jauh.

“Kecamatan Kepulauan Posek terdiri dari pulau-pulau yang terpisah cukup jauh, sehingga anak-anak kami yang akan pergi sekolah terkendala pada kondisi cuaca, apakah itu saat hujan maupun angin kencang,” ujarnya.

Ia menambahkan, keinginan masyarakat Desa Suak Buaya adanya SMP kelas jauh di desa mereka bukan tanpa alasan, hal ini mengingat SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 di Kecamatan Kepulauan Posek berada di pulau yang berlainan.

Diketahui pula, jarak tempuh dari Desa Busung Panjang ke Desa Suak Buaya dapat ditempuh menggunakan pompong, sekira 45 menit, begitu juga dari Desa Posek ke Desa Suak Buaya.

Yakob menjelaskan, dengan kondisi tersebut menjadikan orang tua dari anak-anak mereka yang akan masuk SMP, lebih memilih mengantarkan anak-anak mereka ke SMP yang berada di Dabo Singkep.

Hal itu mengingat, meski jarak yang jauh karena berbeda kecamatan, untuk masuk ke SMP Negeri 1 yang berada di Desa Busung Panjang dan SMP Negeri 2 di Desa Posek biaya yang dileluarkan sama besarnya.

“Untuk di SMP yang berada di desa Busung Panjang dan desa Posek, tidak rumah kos untuk tempat tinggal anak-anak kami, jika setiap hari pulang pergi selain tempat yang cukup jauh, masalah cuaca juga menjadi pertimbangan kami,” katanya kepada anggota DPRD Lingga, Abdul Gani Atan Leman, yang melakukan reses di Desa Suak Buaya.

Dari informasi yang diterima PIJARKEPRI.COM dari masyarakat desa Suak Buaya, saat ini hanya ada 2 anak yang menjadi siswa di SMP Negeri 1 Kecamatan Kepulauan Posek yang berada di Desa Busung Panjang.

Kedua siswa tersebut juga tinggal di desa tersebut tidak setiap hari pulang pergi, hal ini mengingat kondisi cuaca dan biaya.

Jika SMP kelas jauh ini tidak terealisasi, untuk tahun berikutnya banyak anak-anak tamat SD di Desa Suak Buaya yang tidak melanjutkan ke SMP.

Pewarta : Puspandito/ACI

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top