Lingga Akan Berangkatkan 16 Orang Ikuti BBPLK Semarang

 

Kepala Bidang Tanaga kerja, Dinas Tenaga Kerja Koperasi Usaha kecil Menengah dan Perindustrian Kabupaten Lingga, Wahyudi Eka Putra. (Foto: aci/pijarkepri.com)

Kepala Bidang Tanaga kerja, Dinas Tenaga Kerja Koperasi Usaha kecil Menengah dan Perindustrian Kabupaten Lingga, Wahyudi Eka Putra. (Foto: aci/pijarkepri.com)

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Tenaga Kerja Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian akan memberangkatkan 16 orang guna mengikuti pelatihan di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang.

Kepala Bidang Tanaga kerja, Dinas Tenaga Kerja Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Kabupaten Lingga, Wahyudi Eka Putra, di Lingga, Rabu (25/4/2018) mengatakan pengiriman 16 orang tersebut mengingat di era globalisasi dan perkembangan teknologi yang sangat pesat, persaingan tenaga kerja akan semakin kompetitif di seluruh sektor.

“Sehingga diperlukan percepatan peningkatan kualitas SDM,” ujarnya.

Ia mengatakan, untuk BBPLK Semarang Disnaker mengirimkan 16 orang, dengan jurusan menjahit pakaian 8 orang dan teknik akuntansi 8 orang.

Ia mengungkapkan Disnaker Lingga telah menjalin kerjasama dengan 3 BBPLK, untuk itu, keberangkata n para peserta sudah sesuai dengan kuota yang diberikan.

“Sudah dilakukan pendataan, rencana akan diberangkatkan pada 3 juli 2018 mendatang,” ungkapnya saat ditemui pijarkepri.com

Sementara untuk pelatihan di BBPLK Medan jurusan Pariwisata, lanjut Wahyudi, Disnaker UKM dan Perindustrian Lingga mengirimkan 16 orang, begitu juga untuk pelatihan di BBPLK Serang juga 16 orang untuk dua jurusan, 8 orang untuk jurusan Las dan 8 orang untuk jurusan Listrik.

“Untuk BBPLK Medan, sudah dilakukan pendataan dan saat ini kami lagi menunggu informasi selanjutnya terkait keberangkatan. dan untuk BBPLK Serang, rencana akan datang melakukan pendataan, tapi untuk tanggal keberangkatan belum dipastikan karena masih menunggu informasi,” terangnya.

Minat masyarakat untuk mengikuti BBPLK ini di nilai cukup tinggi, dari hasil pantauan BBPLK Semarang saat datang ke Lingga, motifasi dari anak-anak Lingga cukup tinggi.

Namun yang menjadi kendala bagi peserta adalah biaya keberangkatan, meski biaya keberangkatan tersebut setelah mengikuti BBPLK dan saat akan pulang diganti, namun untuk biaya keberangkatan awal ke tempat dimana mereka mengikuti BBPLK harus menggunakan biaya sendiri terlebih dulu.

“Untuk peserta yang telah mengikuti BBPLK, hal yang terpenting setelah pulang, mereka tetap berusaha dengan skil yang yang pernah di dapatkan dari BBPLK,” tutupnya. (ACI)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *