DKPP-KB Lingga Temukan Cacing Dalam Sarden, Masyarakat Jangan Beli

 

Dinas Kesehatan Lingga bersama Polisi, Satpol PP dan Dinas Perdagangan saat mengecek kaleng sarden berisi cacing pita disebuah toko. (Foto: Aci/pijarkepri.com)

Dinas Kesehatan Lingga bersama Polisi, Satpol PP dan Dinas Perdagangan saat mengecek kaleng sarden berisi cacing pita disebuah toko. (Foto: Aci/pijarkepri.com)

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPP-KB) Kabupaten Lingga menemukan cacing pita dalam produk Sarden merk Mackerel FARMERJACK PT Prima Niaga, Indonesia Pelita Batam.

“Setelah sarden tersebut dibuka secara kasat mata memang ditemukan cacing, untuk itu, tindakkan yang di ambil untuk sementara ini, menunggu sample yang dibawa ke BPOM, kita minta kepada pedagang agar sarden tersebut tidak dijual,” kata Konseling penyehatan makanan dan lingkungan DKPP-KB Lingga, Edwin di Lingga, Selasa (20/3).

Ia mengatakan untuk di Lingga, pihak Puskesmas dan Dinas Kesehatan setempat telah melakukan pengecekan ke agen dan toko-toko yang menjual produk sarden tersebut.

“Dari beberapa toko yang menjual sarden tersebut, tiga diantaranya setelah sarden dilakukan pengecekan benar terdapat cacing dalam sarden,” ungkapnya saat melakukan pengecekan bersama Polres Lingga dan Satpol PP Lingga.

Sementara itu, Kabid penegakan Perda Satpol PP Lingga, Febrizal Taupik, mengatakan pihaknya sangat mendukung dan mengharapkan Dinas Kesehatan dan Dinas Perdagangan memantau seluruh toko di Kabupaten Lingga, baik itu di Dabo Singkep atau Daik Lingga.

“Karena menurut kita, makanan sarden ini banyak dikosumsi oleh masyarakat dari menengah kebawah, jangan sampai nantinya masyarakat tercemar dengan cacing-cacing yang ada di dalam sarden tersebut,” terangnya.

Sebelumnya DKPP-KB Kabupaten Lingga juga telah mengeluarkan surat edaran menghimbau masyarakat untuk tidak mengkonsumsi Sarden merk Mackerel FARMERJACK tersebut, hingga ada hasil pemeriksaan laboratorium lebih lanjut dari BPOM.

Dinas Perdagangan menghimbau agar agen dan toko untuk sementara tidak menjual Sarden merk tersebut sampai ada surat edaran dari Badan POM.

Informasi yang berhasil dihimpun dari sejumlah pedagang, sarden merk Mackerel FARMERJACK ini di jual dengan harga Rp13 ribu per kalengnya.

Di Lingga, sarden ini cukup banyak beredar di toko-toko kelontong maupun di kedai-kedai pengecer karena masuknya melalui agen.

Karena harganya yang cukup murah jika dibandingkan dengan sarden merk lainnya, sarden merk ini cukup laris dan banyak pembeli. (ACI)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top