IWO Tanjungpinang Berpartisipasi Deklarasi Pilkada Damai

 

Ketua IWO Tanjungpinang Iskandar Syah saat menandatangani kesepakatan bersama para stakeholder dan para calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang. (Foto: Humas IWO Tanjungpinang)

Ketua IWO Tanjungpinang Iskandar Syah saat menandatangani kesepakatan bersama para stakeholder dan para calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang. (Foto: Humas IWO Tanjungpinang)

PIJARKPERI.COM, Tanjungpinang – Ikatan Wartawan Online (IWO) Tanjungpinang, Kepulauan Riau ikut serta berpartisipasi menandatangani perjanjian Deklarasi Pilkada damai pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang 2018.

“IWO sebagai salah satu organisasi kewartawaan yang bergerak di media online/siber turut menyatakan sikap untuk menjaga situasi Pilkada Tanjungpinang yang kondusif, oleh karena itu kami siap menudukung pelaksanaan Pilkada yang sehat, aman dan nyaman,” kata Ketua IWO Tanjungpinang, Iskandar Syah, usai menandatangani deklarasi Pilkada Damai, di Jalan Raya Pulau Dompak, Tanjungpinang, Rabu (14/2/2018).

Ia mengatakan keterlibatan IWO dalam Pilkada tidak dapat dipisahkan dari netralitas jurnalis dalam sudut pandang pemberitaan.

Ia mengutarakan kesiapan IWO untuk membantu dan memberikan kontribusi kepada Polres Tanjungpinang, dalam rangka menciptakan suasana yang damai selama pesta demokrasi di Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau berlangsung.

“Kami juga siap menangkal isu-isu hoax di media sosial, atau berita-berita yang menyerempet atau pemicu terjadinya konflik antara Suku, Agama dan Ras (Sara) yang dapat menimbulkan perpecahan di tengah-tengah masyarakat kota Tanjungpinang,” ujarnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat setempat, khusunya pengguna media sosial dapat memilah dalam menkonsumsi hingga mempercaya suatu kabar, pemberitaan apa pun yang berkembang di lini masa.

Masyarakat juga diharapkan bijak dalam mengeluarkan pendapat mengenai pasangan calon, baik dalam dukungan ataupun hanya opini yang terkesan negatif, sehingga memicu terjadinya konflik.

“Kami, IWO siap membantu mengkonfrontir setiap permasalahan yang terjadi di media sosial, bekerjasama dengan Polres Tanjungpinang, upaya menciptakan Pilkada damai baik di publik maupun di media sosial,” ujarnya.

Dalam penandatangan deklarasi Pilkada damai yang diselenggarakan Polres Tanjungpinang tersebut, turut melibatkan seluruh elemen masyarakat dan stakeholder di Kota Tanjungpinang.

Selain menggelar deklarasi Pilkada damai, Polres Tanjungpinang juga menggelar Simulasi Pengamanan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang (Sispam Kota).(iwo/ANG)

 

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top