Lingga  

Sejumlah Daerah Pelajari Penerapan SIPD Lingga

PIJARKEPRI.COM – Sejumlah kabupaten kota di Provinsi Kepulauan Riau belum lama ini mempelajari (Studi Banding) penerapan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) penganganggaran dan penatausahaan Kabupaten Lingga.

Kota Tanjungpinang, dan Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau lebih dulu studi banding SIPD Lingga, menyusul Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Karimun pada Selasa, 25 Januari 2022.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menetapkan Lingga sebagai kabupaten rujukan penerapan SIPD. Lingga termasuk dari 21 kabupaten kota se Indonesia yang telah mandiri dalam penerapan SIPD ini.

“Memang diluar dugaan kami. Hal yang tidak kami sangka-sangka dari BPKAD Lingga sendiri, dengan keberhasilan ini tadinya, akhirnya bisa mendatangkan tamu dari luar daerah. Tentu ini sangat membantu nantinya dalam menunjang ekspose pariwisata,” kata Bupati Lingga, M Nizar.

BPKAD Lingga, memang dinilai cukup berprestasi dalam pengelolaan SIPD, terlihat dari sejumlah prestasi yang diraih seperti, piagam terbaik penyaluran DAK semester I dan semester II di tahun 2021.

Bahkan, BPBD Lingga menjadi narasumber di BPK RI Perwakilan Kepulauan Riau pada agenda Diklat Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, berkaitan degan LKPD.

Prestasi tersebut mengantar daerah lain mempelajari penerapan SIPD di Kabupaten Lingga, agar dapat memberikan kontribusi akselerasi di sektor pariwisata.

Dihadapan para tamu yang hadir, dia memaparkan selayang pandang Kabupaten Lingga, dengan semangat pemerintahannya dalam penataan wajah Kota di 3 pulau besar di Kabupaten Linga yakni Singkep, Lingga dan Senayang.

“Memang kita lagi semangat dalam penataan wajah Kota Daik maupun Dabo. Maka itu saya berharap dari kegiatan SIPD ini, dapat menunjang adanya pariwisata baik itu dengan UMKMnya yang dapat dinikmati kawan-kawan yang datang. Jadi tidak hanya fokus pada SIPD,” kata dia.

Sementara Kepala BPKAD Kabupaten Karimun, Abdullah mengaku terkesan setelah mendengar kabar, bahwa Kabupaten Lingga dijadikan role model oleh Kementerian Dalam Negeri pada penerapan SIPD ini. Kabupaten Lingga menurutnya termasuk dalam 3 daerah besar di Indonesia termasuk Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Raja Ampat di Papua.

“Dan ini bukan menjadi kebanggaan Kabupaten Lingga saja. Tetapi termasuk kebanggaan dari seluruh Kabupaten Kota di Provinsi Kepulauan Riau. Tentu kami sangat merasa berarti untuk dapat belajar disini,” kata dia.

Pewarta : Johan/prokopim

Editor ; Ali Atan Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *