Wabub Lingga Rapat Koordinasi Persiapan Anugerah Desa Wisata dari Kemenparekraf

Wakil Bupati Lingga Neko Wesha Pawelloy saat mengikuti rapat koordinasi bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Salahuddin Uno dan kabupaten kota se-Indonesia secara virtual di ruang VIP, Jum’at (30/04/2021) malam.

PIJARKEPRI.COM – Wakil Bupati Lingga Neko Wesha Pawelloy mengikuti rapat koordinasi bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Salahuddin Uno dan kabupaten kota se-Indonesia secara virtual di ruang VIP, Jum’at (30/04/2021) malam.

Rapat koordinasi tersebut membahas persiapan Launching Anugerah Desa Wisata dari Kemenparekraf untuk di desa wisata terbaik di seluruh kabupaten kota di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan penganugerahan desa wisata merupakan salah satu program unggulan dari Kementerian Pariwisata dalam rangka pengembangan pariwisata di Indonesia.

Menurut Sandiaga, dengan mengusung tema “Indonesia Bangkit”, dia optimis kegiatan tersebut akan melahirkan desa-desa wisata yang berkelas dunia, berdaya saing dan berkelanjutan.

“Jadi jangan sampai semangatnya hanya karena ada lomba ini saja, tapi bagaimana bisa bertanggung jawab, berkualitas dan berkelanjutan,” ujar Sandiaga sapaan akrabnya.

Ia menambahkan bahwa, anugerah desa wisata tahun 2021 merupakan penganugerahan desa wisata terbesar di Indonesia, yang ditargetkan mampu melahirkan 500 desa wisata baru atau bahkan lebih.

Menurutnya terdapat puluhan ribu desa wisata yang ada di Indonesia, salah satunya dari Kepulauan Riau, demikian beliau mencontohkan.

Sandiaga juga mengabarkan bahwa, penganugerahan yang pendaftarannya mulai dibuka dari tanggal 7 Mei hingga 26 Juni 2021 ini nantinya terbuka untuk umum, terutama bagi seluruh masyarakat desa di Indonesia, bagi pelaku pariwisata serta para pelaku pelaku ekonomi kreatif yang bergerak dibidang pengembangan pariwisata.

Yakni dengan cara mendaftarkan desanya dan melengkapi persyaratannya melalui website www.jadesta.com untuk mengikuti anugerah desa wisata tahun 2021.

Selain itu, pada penganugerahan desa wisata itu nantinya, ada beberapa kategori yang di nilai oleh para dewan yang ditunjuk oleh masyarakat, diantaranya adalah katagori Homestary, katagori tollet, Katagori souvernir, Katagori Desa Digital, Katagori Konten Kreatif, dan lain sebagainya.

Acara puncak nya akan dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 2021 dan diharapkan penganugerahan ini mampu mendorong para pelaku usaha dan ekonomi kreatif untuk kembali bangkit di tengah terjangan Covid 19 yang mendunia.

Sejalan dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Lingga untuk memajukan pariwisata.

Wakil Bupati Lingga Neko Wesha Pawelloy mengatakan, Pemkab Lingga optimis program Kemenparekraf tersebut bisa menjadi motivasi bagi desa-desa di Kabupaten Lingga untuk berbenah, serta bisa menjadikan hal itu sebagai stimulus untuk lebih inovatif melahirkan desa-desa wisata.

“Dengan demikian, kedepan diharapkan mampu mempresentasikan dalam anugerah desa wisata tersebut dan menjadikan potensi pariwisata Kabupaten Lingga lebih dikenal dunia,” ungkapnya.

Rapat Koordinasi Persiapan Anugerah Desa Wisata dari Kemenparekraf tersebut berlangsung secara virtual di ruang VIP Setda Lingga. Plt.Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lingga Abdul Kadir dan Kabid Destinasi Wisata Zalmidri turut mengikuti rapat tersebut. (MC)

Pewarta. : Suwandri

Pos terkait