Lingga  

Nizar Usulkan Adanya UTD dan BDRS di RSUD Lingga

Muhammad Nizar, Ketua PMI Kabupaten Lingga.
Muhammad Nizar, Ketua PMI Kabupaten Lingga.

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lingga, Muhammad Nizar usulkan kepada Gubernur Kepulauan Riau adanya Unit Transfusi Darah (UTD) dan Bank Darah Rumah Sakit (BDRS) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Lingga.

Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar menyampaikan, bahwa masih banyak PR dan keperluan lainnya untuk dibenah, agar PMI ini berjalan dengan normal dan lancar di Kabupaten Lingga.

“Sesuai dengan Permenkes nomor 91 tahun 2015, standar pelayanan transfusi darah tersebut, ada yang namanya Unit Transfusi Darah (UTD), yang harus hadir ditengah-tengah PMI,” kata M. Nizar yang juga Ketua PMI Kabupaten Lingga, menyampaikan kepada Gubernur Kepri, pada kegiatan pelantikan pengurus PMI Kecamatan, Se-Kabupaten Lingga Tahun 2020, di Gedung Nasional, Dabo Singkep, kemarin.

Nizar menjelaskan, pada Permenkes ini juga ada yang namanya Bank Darah Rumah Sakit (BDRS) disetiap Rumah Sakit, khususnya di RSUD Encek Maryam, Daik Lingga dan RSUD Dabo Singkep, harus ada Bank Darah dan ini harus segera terbentuk.

Sehingga, lanjut Nizar, nantinya kita memerlukan alat, dan memang alat ini penting untuk kita sama-sama mengajukan dari PMI Kabupaten ke PMI pusat, untuk itu, kami memerlukan tanda tangan pak Gubernur Provinsi Kepri, selaku Ketua PMI Provinsi Kepri, mengetahui kita mengajukan alat ini ke PMI pusat.

“Kita ingin agar alat ini bisa hadir di tengah-tengah PMI Kabupaten Lingga, apakah nantinya alat tersebut di PMI Kabupaten atau di BDRS,” terangnya.

Selain itu, Ketua PMI Kabupaten Lingga menambahkan, PMI harus berdiri sendiri mulai dari dokter, bidan, perawat dan labor juga harus tersendiri, tidak boleh bercampur dengan dokter, bidan, perawat dan labor yang ada di rumah sakit.

“Ini harus kita sampaikan nanti, mudah-mudahan kalau nanti ada peluang-peluang penerimaan CPNS di tahun-tahun mendatang, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lingga, wajib untuk memberikan porsi ini, mengusulkan untuk dapat menerima yang kita butuhkan di PMI Kabupaten Lingga,” imbuhnya. (Aci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *