Lingga  

Perkuat Sinergitas Imigrasi Dabo Gelar Rakor Tim Pora

Kegiatan Rakor Imigrasi Dabo Singkep. (Foto Ist).
Kegiatan Rakor Imigrasi Dabo Singkep. (Foto Ist).

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep, (28/7) gelar Rapat koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) tingkat kecamatan, diruang pertemuan One Hotel, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Kepri.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep, Nayaka Duta Harapap, melalui Kepala Seksi Teknologi dan Komunikasi Keimigrasian, Roy Megantoro mengatakan, rakor tersebut guna meningkatkan serta memperkuat sinergitas diantara Imigrasi dengan instansi pemerintah terkait pengawasan orang asing, terutama dalam hal pengawasan orang asing di tingkat kecamatan.

Dengan adanya Tim Pora di tingkat kecamatan, jelas Roy, maka keberadaan orang asing akan lebih teramati dengan baik, dan keberadaan Timpora tingkat kecamatan ini, tidak hanya mengawasi orang asing yang ada di wilayahnya, diharapkan juga dapat melakukan sosialisasi pada masyarakat diwilayah kerjanya, mengenai regulasi yang mengatur keberadaan orang asing.

“Sinergitas ini akan tercapai, jika masing-masing instansi aktif mengambil peran dalam kegiatan pengawasan orang asing, yang disesuaikan dengan tugas dan fungsi pokok masing-masing instansi, dan Timpora tingkat kecamatan ini, terdiri dari Camat, Kapolsek dan Danramil, Khususnya dalam pengawasan orang asing tidak dapat melakukannya sendirian, namun perlu berkoordinasi dengan instansi pemerintah terkait, baik pusat maupun daerah dan membentuk Tim Pora,” kata Roy Megantoro di One Hotel Dabo Singkep, Selasa (28/7/2020) pagi.

Ditempat yang sama, Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Indra Leksana mengatakan, terkait pengawasan orang asing untuk Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep, sejauh ini belum ditemukan dan adanya pelanggaran terkait keberadaan orang asing.

“Kantor Imigrasi Dabo Singkep, untuk saat belum menemukan atau melakukan deportasi terhadap orang asing,” terang.

Untuk diketahui, adapun tugas dan fungsi dari Tim Pora ini, terkait koordinasi pertukaran data dan informasi, pengumpulan data keberadaan orang asing, analisa dan evaluasi terhadap data atau informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan serta pemetaan pengawasan.

Penyelesaian masalah keberadaan dan kegiatan orang asing, pelaksanaan dan pengaturan hubungan serta kerjasama dalam rangka pengawasan orang asing, penyusunan rencana operasi gabungan yang bersifat khusus atau insindental, pelaksanaan fungsi lain yang ditetapkan oleh ketua Tim Pora berkaitan dengan pengawasan orang asing. (Aci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *