Pemkab Lingga Semprot Disinfektan di Kecamatan Singkep Selatan

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Pemerintah Kabupaten Lingga terus melakukan penyemprotan disinfektan di kecamatan-kecamatan, di daerah itu upaya mencegah penyebaran wabah Corona Virus Desese 2019 (Covid-19).

Wakil Bupati Lingga M Nizar saat melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah Fasum. Lingga bersatu lawan Covid-19.

Sasaran penyemprotan disinfektan yang kali ini dilaksanakan di 3 Desa yang ada di Kecamatan Singkep Selatan, Kabupaten Lingga yang dimulai dari Desa Resang, Desa Marok Kecil dan berakhir di Desa Berhala, Senin (6/4/2020).

Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar mengatakan, mengimbau kepada masyarakat untuk menjadikan virus corona sebagai musuh bersama. Penyemprotan disinfektan tersebut dilakukan oleh Pemkab Lingga bersama OPD, TNI/Polri dan relawan.

Mereka turun bersama memberikan himbauan dan pemahaman kepada masyarakat mengenai Covid-19 dan pencegahannya. Menurut Nizar, pencegehan itu lebih baik dari pada mengobati.

Nizar mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah. Penyemprotan disinfektan dapat menggunakan cairan disinfektan buatan melalui pencampuran satu botol pemutih pakaian dicampurkan 9 botol air ukuran pemutih pakaian tersebut di dalam wadah penyemprot.

Penyemprotan ditujukan pada tempat tempat dan benda-benda yang sering disentuh. Efektifnya, penyemprotan dilakukan 2 hari sekali.

Nizar mengimbau agar penyemprotan tersebut dapat diteruskan dua kali atau tiga kali dalam seminggu. Dia juga meminta semua pihak proaktif dalam penyemprotan yang dilakukan secara bergiliran, bisa diatur pagi lain dan sore giliran yang lain lagi.

Nizar di mengatakan, berdasarkan arahan Bupati Lingga Alias Wello, diharapkan OPD dan TNI/Polri untuk turun bersama-sama, melakukan penyemprotan serta memberikan pemahaman dan pencerahan kepada masyarakat jenis disinfektan ini.

“Bupati bersama Sekda dan Tim Gugus lainnya, telah komfren dan dengan kebijakan ekonomi seperti apa, jadi kita saling berbagi tugas,” kata M. Nizar kepada Pijarkepri.com saat diwawancarai disela-sela kegiatan di Kecamatan Singkep Selatan.

Untuk penyemprotan disinfektan ini, jelas Nizar, semua kecamatan akan kita kunjungi, meski semua kecamatan juga sudah memulainya, tapi kita tetap mengujungi karena kita belum tahu kapan Covid-19 ini akan selesai, yang terpenting kita menjaga kesehatan diri kita, dengan mencuci tangan dan menjaga pola makan kita.

Untuk bulan suci Ramadhan, Nizar menyampaikan, dimana jadwal tahunan yang sering kita laksanakan, tapi kita juga harus melihat himbauan Pemerintah Pusat, Gubernur atau Kabupaten, itu yang akan kita sosialisasikan karena ini tidak terlepas dari ibadah, tidak berapa hari lagi kita umat muslim memasuki bulan suci ramadhan, apakah ada Safari Ramadhan di Masjid, dan tarawih di Surau dan Mushola tentu akan ada aturanmya, karena pada besok, Selasa (7/4/2020) ada rapat di Kantor Bupati, yang dipimpin oleh Kemenag, Kesra dan MUI untuk masalah ini, dan hal ini tidak terlepas serta berkaitan dengan lesunya ekonomi kita.

Untuk Safari Ramadhan, katanya lagi, kita di Kabupaten Lingga ini memang masih belum masuk darurat Civid-19, tapi kita bagian dari Provinsi Kepulauan Riau, yang di nyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB), sehingga kita juga termasuk darurat itu, dan untuk kegiatan Safari Ramadhan apakah ada atau tidak, secara pribadi saya nyatakan, masih berkeyakinan kesempatan itu dan akan kita lakukan, hanya saja kalau biasanya kita dengan mengumpul ramai orang dan berbuka bersama kemungkin itu ditiadakan, tapi cukuk dengan kita membagikan sembako dan bingkisan, tapi bagi OPD atau Kesra yang mungkin sudah ada biaya dan di anggarkan, dalam Safari Ramadhan cukup membeli sembako dan bagikan setelah itu pulang.

“Termasuk juga untuk sholat terawaih dimasjid apakah dilaksanakan apa tidak, saya secara pribadi menyatakan, mungkin akan tetap dilaksanakan dan boleh, tapi sebaiknya diseragamkan, kalau sebelumnya 23 rakaat mamejadi 11 rekaat dengan witir, sehingga tidak begitu lama berkumpulnya orang, tapi semuanya masih menunggu keputusan rapat besok,” paparnya.

Sementara itu, Camat Singkep Selatan, Sabirin menyampaikan, ini merupakan penyemprotan yang sekian kali nya di Kecamatan Singkep Selatan, karena sebelumnya kami juga telah melakukan penyemprotan disejumlah tempat, seperti di Perkantoran, Puskesmas dan tempat- tempat Ibadah, namun hari ini adalah penyemprotan yang bersekala besar karena melibatkankan beberapa OPD, Instansi dan Ormas.

Dikatakan, dengan adanya penyemprotan dari Pemerintah daerah yang di pimpin lansung oleh pak Wakil Bupati Lingga, tentunya ini semakin menambah semangat kami, karena ini merupakan bentuk dukungan Pemerintah daerah kepada kami, untuk menjaga lingkungan kami agar tetap bersih dan masyarakat kami juga menjaga kebersihan seperti yang telah dianjurkan pemerintah, dan kami telah membentuk beberapa relawan desa untuk melakukan kegiatan penyemprotan di desanya masing-masing.

“Alhamdulillah, dengan kerjasama selama ini, dan suport dari Pemerintah daerah yang luar biasa sekali, kami berharap Kecamatan Singkep Selatan ini terbebas dari penyebararan virus corona, dan untuk penyemprotan ke rumah-rumah warga, nanti tim relawan yang telah dibentuk yang akan melakukan penyemprotan sekaligus memberikan himbauan kepada masyarakat, nantinya perangkat Desa bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa akan mengontrol dalam penyemprotan berkala,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Resang, menyebutkan, untuk kegiatan pencegahan Covid-19 ini, kami Pemerintahan desa sesuai dengan arahan Bupati Lingga, untuk berperan aktif dalam pencegahan Covid-19 ini, dan ada beberapa hal salah satunya adalah penyemprotan disinfektan ini, dan menyediakan tempat untuk mencuci tangan dengan sanitizer, menghimbau masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan.

“Untuk penyemprotan disinfektan ini, telah kita lakukan sebelumnya, untuk penyemprotan dirumah-rumah warga akan dilaksanakan oleh relawan desa 3 dalam seminggu,” tutupnya.

Kegiatan penyemprotan disinfektan di Kecamatan Singkep Selatan selain dihadiri, Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar, juga dihadiri Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Lingga, Armia, Plt Kepala Dinas Sosial Lingga, Kisanjaya, Camat Singkep Selatan, Sabirin dan Staff, Kepala Puskesmas Singkep Selatan, dr Joner Simbolon, Kepala Dinas Pendidikan, Junaidi Adjam, Sekretaris PMI Lingga, Rudi Purwonugroho, Ketua HKTI Kabupaten Lingga, Abdul Gani Atan leman, Danramil 04 Dabo, Kapten ARM Ismarli Koto, TNI AL, Polsek Singkep Barat, para Kades se-Kecamatan Singkep Selatan, Satpol PP, KNPI, Hi-Malaya, Karang Taruna, Toga dan Tomas Singkep Selatan. (Aci).

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *