Pemerhati Minta Peran Serta Inspektorat-BKPSDM Awasi ASN Agar Tidak Libur Panjang

Mantan Anggota DPRD Lingga, Rudi Purwonugroho. (f-aci)

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Pemerhati Kebijakan Publik, Rudi Purwonugroho, di Lingga, Minggu (12/4/2020), meminta peran serrta Inspektorat dan Badan Kepegawaian Penilaian Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lingga untuk mengawasi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tidak libur panjang dan tetap di tempat.

Ia mengatakan, surat edaran dari pusat menyebutkan tidak adanya libur panjang bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan libur hanya pada 24-25 Mei 2020, Hari Raya Idul Fitri, di ikuti surat edaran Bupati Lingga tentang tanggap darurat Covid-19 dan libur sekolah.

“Memang ini belum berlaku, namun ini merupakan antisipasi awal, apa kebijakan daerah sebagai antisipasi, Inpektorat dan Badan Kepegawaian Penilaian Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lingga,agar dimaksimalkan dalam hal ini,” kata Rudi kepada Pijarkepri.com.

Menurutnya, untuk pencegahan dan penyebaran Coronavirus 2019 (Covid-19) yang saat ini terjadi mencakup seluruh Provinsi yang ada di Indonesia, berbagai langkah yang dibuat Pemerintah dalam mengambil keputusan, termasuk tidak adanya libur panjang bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Rudi menjelaskan, jika libur tidak ada tentunya dibutuhkan peran serta Inspektorat dan BKPSDM dalam mengawasi ASN, mengingat dari OPD nya tentu akan kewalahan, pertama jelas untuk ASN dan juga bagaimana dengan guru.

Untuk itu, lanjut Rudi, dia meminta Inspektorat untuk melakukan pengawasan dan mengecek kehadiran ASN, mengingat tidak menutup kemungkinan, meski tidak libur tapi mereka pergi keluar daerah.

“Leading sektor dibidang itu, di Inspektorat dan BKPSDM dan harus dibekap oleh Sekda, jika ada yang melanggar agar diberikan sanksi yang tegas, karena sekarang kan tidak boleh mudik lebaran, karena libur dialihkan ke bulan Desember, jadi jangan sampai mudik tidak ada, tapi mereka juga tidak berada ditempat,” tutupnya. (Aci)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *