Satu Minggu 3 Kali Kebakaran di Kelurahan Sungai Lumpur

Kebakaran di wilayah Kelurahan Sungai Lumpur.

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Kebakaran yang berdekatan kembali terjadi dilahan kosong milik warga, di Kelurahan Sungai Lumpur, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, dan untuk kebakaran kali ini terjadi lebih kurang 500 meter, dari Kantor Lurah Sungai Lumpur, Senin (30/3/2020).

Komandan Pleton (Danton) Pemadam Kebakaran (Damkar), Dirgahayu Sentosa mengatakan, kebakaran tersebut merupakan ketiga kalinya terjadi di Kelurahan Sungai Lumpur. Damkar belum dapat memastikan apa yang menjadi penyebab kebakaran tersebut.

Damkar memprediksi kemungkinan bisa saja kebakaran terjadi karena daerah tersebut merupakan tanah gambut, sehingga api yang berada didalam gambut tersebut terbakar tertiup angin menjadi sumber api.

“Walau pun api yang sebelumnya sudah kami padam semua, dan saat dilakukan pengecekan sudah tidak ada titik api lagi, namun bisa saja dibawahnya masih ada titik api lagi,” kata Sentosa saat ditemui Pijakepri.com, disela-sela memadamkan api, Senin (30/3/2020) sore.

Sentosa mengaku, kebakaran yang terjadi hari ini sekitar pukul 11.30 Wib, kita sudah menguasai sekitar 75 persen sudah bisa kita katakan aman, namun saat ini kami memang masih kurang mobil damkar, selain itu, kami juga kekurangan tenaga, sementara dengan luas wilayah yang mencapai 5 hektar, paling tidak membutuhkan 4-5 mobil damkar, dan yang kita gunakan hari ini hanya satu mobil yang dibantu satu mobil untuk mengisi air.

Sentosa menghimbau kepada masyarakat, saat ini jangan lah dulu membakar lahannya, karena cuaca sedang ekstrim, karena yang menjadi sumber api tersebut ada tiga unsur yakni, angin, bahan dan panas, dan sekarag ini, panas sangat tinggi antara 26-27 celcius mungkin lebih dari itu, dan angin juga sangat kencang, mencapai 31 knot per jam, sedangkan bahan yang kering itu sudah ada, jadi hanya tinggal menunggu waktu saja terjadinya kebakaran.

“Jadi kami menghimbau kepada warga Kecamatan Singkep, jangan lah membakar dulu lahan, karena membakar itu ada sanksi hukumnya,” terangnya.

Sementara itu, Kapolsek Dabo Singkep, AKP Ahmad Wahyudi yang ditemui dilokasi kebakaran menyampaikan, kami dari Kepolisian Polres Lingga, setiap saat memberikan himbauan kepada masyarakat, himbauan yang dilaksanakan melalui spanduk dan himbauan melalui selebaran, agar masyarakat tidak sembarangan membakar lahan, karena pada saat ini cuaca sedang panas.

Tambah Kapolsek, tidak menutup kemungkinan, kalau ada pelaku dan ada alat buktinya akan kita tangkap, dan untuk kebakaran yang terjadi saat ini, kita belum bisa menyimpulkan apa Penyebab terjadinya kebakaran, karena masih dalam penyelidikan kita, dan kita bersama pihak damkar dan Satpol PP, masih berjibaku untuk memadam api.

“Sampai saat ini kita terus melakukan himbauan kepada masyarakat, tapi jika masih melakukan pembakaran tentu akan kita tangkap, kalau untuk penegakan hukum, pada tahun 2019 kemarin kita ada melakukan penangkapan terkait pembakaran lahan, dan sekarang yang besangkutan sudah di penjara tinggal menunggu sidang saja,” tutupnya.

Untuk diketahui, kebakaran yang terjadi di wilayah Kelurahan Sungai Lumpur, ini merupakan kejadian yang ketiga kalinya dalam satu minggu di Bulan Maret 2020 ini, kebakaran pertama terjadi pada, Kamis (26/3/2020) berikutnya, Sabtu (28/3/2020) dan Senin (30/3/2020).

Hingga berita ini di tulis regu Pemadam kebaran dibantu Kepolisian dan Satpol PP Kabupaten Lingga, masih terus melakukan pemadaman api dari kebakaran tersebut. (Aci)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *