Polsek Dabo Ringkus 5 Pencuri Rumah Kosong

Polsek Dabo Singkep saat mrnggelar press rilis.

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Kepolisian Sektor (Polsek) Dabo Singkep, Lingga ringkus lima tersangka tindak pidana pencurian, di rumah tak berpenghuni (Kosong) Jalan Mutiara Sekop Darat, Kelurahan Dabo, Kecamatan Singkep Kabupaten Lingga, pada Selasa (28/1/2020) lalu.

Kapolres Lingga, AKBP Joko Adi Nugroho, melalui Kapolsek Dabo Singkep, AKP Wahyudi yang didampangi, Kasubbag Humas Polres Lingga, AKP Hasbi Lubis mengatakan, kejadian berawal saat rumah di jalan Mutiara Sekop Darat tersebut dalam keadaan kosong, setelah dua hari pemilik rumah baru menyadari, kalau rumahnya dibongkar oleh orang tak dikenal.

Wahyudi menjelaskan, setelah dilakukan olah TKP oleh Reskrim Polsek Dabo dan diupayakan proses penyelidikan, berdasarkan informasi pihaknya berhasil mengamankan dua orang pelaku berinisial KE dan MA.

“Berdasarkan yang kami dapatkan informasi dari masyarakat, langsung kami amankan dua orang tersebut yang berinisial KE dan MA,” kata AKP Wahyudi saat menggelar press Rilis di Polsek Dabo, Jumat (14/2/2020) pagi.

Kapolsek Dabo melanjutkan, setelah dilakukan pengembangan terhadap kedua tersangka, dan dari informasi yang diterima tiga orang pelaku utama yakni, RH, HJ, dan DM, diketahui bahwa ketiganya sedang berada di Kabupaten Bintan.

Dikatakan, setelah mendapat informasi tersebut, kita langsung berkoordinasi dengan Polres Bintan, khususnya Polsek Gunung Kijang untuk melakukan upaya penyelidikan, dan kita berhasil amankan dua orang pelaku di daerah Bintan RH dan HJ.

“Setelah dilakukan pengembangan lagi, diketahui bahwa satu orang lagi dengan inisial DM berada di Tanjungpinang, ketiganya langsung digiring ke Polsek Dabo Singkep guna proses penyidikan lebih lanjut,” terangnya.

Wahyudi menambahkan, atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian lebih kurang Rp 400 juta, yang terdiri dari adanya uang dolar Amerika, Singapura, Hongkong, Rupiah, perhiasan kalung, cincin dan berlian.

Dari jumlah Rp 400 juta tersebut, kata Wahyudi lagi, yang tersisa hanya 4 unit handphone, beberapa lembar uang pecahan dolar Singapura, uang Rupiah, dan dua dompet berwarna hitam dan coklat, diketahui dari kelima tersangka, satu diantaranya merupakan residivis dengan kasus berbeda yakni, kasus penikaman, KDRT dan terakhir kasus pencurian.

“Atas perbuatannya kelima pelaku tersebut, dikenakan pasal 363 ayat 3,4,5 Jo pasal 55, 56 Jo pasal 480 dengan masa kurungan 7 tahun penjara,” tutupnya. (Aci)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *