Pemerintah Lingga Target Data 4500 Pemilih Pemula Selesai Sebelum Pilkada

Pelayanan di Kantor Disduk Capil Lingga. (Foto: aci)

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Lingga menargetkan penyelesaian identitas kependudukan pemilih pemula, selesai sebelum pelaksanaan Pilkada.

Kepala Disduk Capil Lingga, kepada media saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (20/1/2020), mengatakan Pemilih pemula diperkirakan sampai hari-H Pilkada nanti, sekitar 4.500. Pemilih pemula tersebar di 82 desa dan kelurahan.

“Target kita akan diselesaikan sebelum pelaksanaan Pilkada, selanjutnya memvalidasi Data Kependudukan berbasis KK,” kata Syamsudi.

Syamsudi mengatakan, terdapat 40 persen penduduk usia sekolah di Lingga yang saat ini tidak bersekolah. Berdasarkan klasifikasi umur penduduk tersebut masuk usia sekolah.

Disdukcapil Lingga bekerja sama dengan Kepala Desa, RW, RT, dan petugas register di Kelurahan untuk mendata penduduk tersebut.

Hingga saat ini, Disdukcapil Lingga mendata pelayanan pencatatan akte mencapai 90 persen termasuk akte perkawinan non-muslim. Mereka menggunakan sistem jemput bola ke Desa-desa, di Lingga.

“Mudah-mudahan target kita ini tercapai. Kami akan berkolaborasi dengan RT sebagai ujung tombak, rencananya di 2020 ini,” ujarnya.

Syamsudi mengutarakan kendala pendataan penduduk saat ini bergantung pada cuaca seperti gelombang dan angin ketika petugas akan turun ke pulau-pulau. Faktor cuca menggeser jadwal kunjungan mereka ke pulau-pulau 2 hingga 3 hari.

Kendala lain yang dihadapi Disdukcapil Lingga meliputi minimnya ketersiadaan alat perekam data kependudukan, kendaraan operasional pendataan kependudukan keliling.

“Juga untuk persediaan peralatan perekam biodata, juga terbatas serta mobil untuk keliling, kemarin kita ada juga pinjam dari pihak kementerian, seperti printer untuk ngeprint KTP,” tutupnya. (Aci)

Editor : Aji Anugraha

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *