Angka Kemiskinan Kabupaten Lingga Turun Signifikan

Bupati Lingga, Alias Wello dan Kepala BPS Lingga, Sumarmono di acara Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 (Foto: Istimewa).

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Bupati Lingga, buka sosialisasi Sensus Penduduk 2020 yang dilaksankan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lingga, di Ruang Rapat Kantor Bupati Lingga.

Bupati Lingga, Alias Wello, di kegiatan sosialisasi yang digelar BPS yang juga dihadiri Asisten, DPRD, Camat, Kades dan LSM menyampaikan, berdasarkan data BPS Lingga, jumlah angka kemiskinan di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, tahun 2019 tercatat 11.560 jiwa, angka tersebut mengalami penurunan yang cukup signifikan jika dibandingkan tahun 2015, yang jumlah angka kemiskinan mencapai angka 13.220 jiwa, dan penurunan tersebut sekitar 1.660 jiwa.

Bupati Lingga yang akrab dengan sapaan Awe ini menjelaskan, kegiatan sosialisasi ini sangat penting dilakukan, mengingat ada hubungannya dengan sensus penduduk apalagi saat ini menjelang Pilkada, selain itu, kesimpangsiuran data jumlah penduduk antara pemerintah pusat dengan daerah, juga merupakan penyebab ketidakstabilan dalam pelaksanaan pendataan kependudukan.

“Angka kemiskinan dari tahun ke tahun mengalami penurunan di Kabupaten Lingga, semoga kita tetap semangat dan tetap komitmen untuk memajukan daerah kita tercinta ini,” kata Bupati Lingga disosialisasi Sensus Penduduk 2020, di Ruang Rapat Kantor Bupati Lingga, Jumat (10/1/2020) pagi.

Ditempat yang sama, Kepala BPS Kabupaten Lingga, Sumarmono mengatakan, sensus penduduk adalah merupakan kegiatan yang dilaksanakan BPS setiap 10 tahun sekali, hal ini guna mencatat seluruh penduduk Indonesia tanpa terkecuali.

Sumarmono melanjutkan, BPS telah melaksanakan sensus penduduk sejak tahun 1961, dan sensus penduduk tahun 2020 ini merupakan sensus penduduk yang ke tujuh, dan pada tahun 2020 ini akan ada 2 tahap sensus yaitu, sensus penduduk online dan sensus penduduk wawancara.

“Masyarakat yang belum mengisi data secara mandiri pada sensus penduduk online, akan dikunjungi oleh petugas saat sensus penduduk wawancara, sensus penduduk online merupakan kegiatan pertama dalam sejarah sensus penduduk,” tutupnya. (Aci)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *